Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Icuk Sugiharto Ancam Mundur dari BOPI

Selasa, 11 Januari 2011

Share this history on :

Jakarta-Juara dunia bulutangkis 1983, Icuk Sugiharto mengancam akan mengundurkan diri dari Dewan Penasihat Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), jika BOPI tetap memberikan izin dan rekomdasi terhadap penyelenggaraan Liga Primer Indonesia (LPI) bentukan pengusaha kondang Arifin Panigoro.

Icuk mengaku tidak habis pikir LPI bisa direkomendasikan oleh sebuah badan seperti BOPI yang tidak ada hubungannya dengan sepakbola untuk menggelar kompetisi LPI yang dimulai pada 8 Januari 2011 lalu.

“Ini sudah salah kaprah, kita bicara sepakbola kok malah lembaga lain yang memberikan rekomendasi. Sudah jelas di Undang Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional yang isinya untuk mengatur sepakbola,” kata Icuk Sugiharto yang juga Ketua Ikatan Atlet Nasional Indonesia kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Seperti diketahui, pada pasal 51 ayat 2 disebutkan bahwa setiap penyelenggaraan kejuaraan olahraga yang mendatangkan langsung massa penonton wajib mendapatkan rekomendasi dari induk organisasi cabang olahraga bersangkutan dan memenuhi peraturan perundang-undangan.

Untuk itu, kata jelas Icuk, LPI harus mendapat izin dan rekomdasi dari PSSI, bukan dari BOPI. Icuk menambahkan LPI itu berhubungan dengan olahraga sepakbola, di mana induk organisasinya adalah PSSI. “Jika PSSI sebagai induk organisasi sepakbola di Indonesia tidak merestui LPI, mengapa ada badan olahraga lain yang merestuinya,” tutur Ayah pebulutangkis nasional Tommy Sugiharto itu.

Kejanggalan lain yang dibuat BOPI, menurut Icuk adalah begitu gampangnya mengeluarkan surat rekomdasi. Padahal untuk memberikan rekomdasi itu perlu proses selama dua minggu. Namun jalur itu tidak dilakukan BOPI. Bahkan BOPI, tukas Icuk, sebagai lembaga independent, saat ini sudah terlampau jauh menyimpang.

Menutut Icuk badan ini terlampau berpihak dan mengikuti keputusan dan kebijakan dari Kantor Menpora. “Sikap ini tidak profesional, tidak sejalan dengan nama lembaganya,” tambah Icuk yang akan mengancam mundur jika BOPI tetap memberikan rekomendadi terhadap penyelenggaraan LPI.

Dengan sikap BOPI itu, kata Icuk, dirinya akan segera mundur dari Dewan Penasehat BOPI. “Percuma saya tetap bertahan di kepengurusan itu. Memang lebih baik mundur dari pada selalu bertentangan. Dan menimbulkan konflik yang kunjung habisnya,” kata Ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta itu. Jok
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...