Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Pecatur Pelatnas Ramaikan SO NICE Ramadhan Cup III

Selasa, 16 Agustus 2011

Share this history on :

TURNAMEN Catur Cepat SO NICE Ramadhan Cup III hasil kerja sama antara PB Percasi dengan PT So Good Food produsen makanan bergizi, kembali digelar. Turnamen berhadiah total Rp 37,5 juta yang akan berlangsung (20-21 Agustus) mendatang di Gedung Wisma Karsa Pemuda (Kantor Kemenpora) ini bakal diramaikan oleh para pecatur pelatnas yang diproyeksikan ke ajang SEA Games 2011.

“PB Percasi telah menyelenggarakan sejumlah turnamen yang mengatur sedemikian rupa agar program pembinaan berdasarkan usia dan kategori berjalan dengan baik. Namun khusus untuk penyelenggaraan SO NICE Ramadhan Cup yang merupakan satu-satunya turnamen catur yang menggunakan format catur cepat (25 menit) selain kejurnas, kami tidak melakukan pengkhususan. Body charge (benturan) antara pecatur pelatnas maupun non-pelatnas di turnamen ini justru bernilai positif untuk menguji kemampuan seluruh pecatur dari berbagai kategori,” papar Wakil Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto pada jumpa pers di Wisma Karsa, Jakarta, Senin (15/8).

Utut yang juga anggota komisi X DPR-RI menambahkan demi mewujudkan target mencetak lebih banyak lagi pecatur Indonesia yang bergelar Grand Master, PB Percasi akan meningkatkan frekuensi turnamen. Termasuk mengundang GM-GM asing untuk menaikkan bobot turnamen. Diharapkan dengan seringnya bertanding dengan pecatur top dunia, para pecatur Indonesia akan meraih banyak peningkatan baik dalam hal mental bertanding maupun kualitas permainan.

Sementara itu, Product Manager PT So Good Food William Yusak berharap lewat turnamen ini bakal lahir bibit-bibit pecatur andal yang nantinya bakal mengaharumkan Indonesia di pentas catur dunia.

“Turnamen merupakan wujud nyata dari sikap concern (kepedulian) perusahaan kami terhadap pembinaan dan kemajuan cabang catur. Kami berharap atlet-atlet Indonesia khususnya di cabang catur bisa kembali bersaing dengan para pecatur luar baik itu di tingkat ASEAN, Asia bahkan dunia,” kata Wiliiam.

Kendati mengenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 35 ribu (kategori master) dan Rp 50 ribu (non-master serta gratis bagi yang telah bergelar internasional, panitia akan membagikan baju koko dan makanan gratis kepada seluruh peserta. Hingga kini tercatat sudah ada 125 pecatur yang mendaftar, diperkirakan turnamen bakal diikuti sebanyak 350 pecatur. Tahun lalu tercatat 300 peserta yang meramaikan trunamen ‘spesial’ ini.

Sesuai dengan HUT RI yang telah memasuki tahun ke-66, panitia menetapkan hadiah yang disediakan akan diberikan kepada 66 peserta terbaik. Selain menggunakan sistem Swiss 9 babak, turnamen juga menggunakan program Swiss Manager untuk pairing serta Rating Nasional per Juli 2011. Ary
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...