Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kornelis Persembahkan Emas di Tinju

Rabu, 10 Juni 2015

Share this history on :
KORNELIS Kwangu Langu menjadi satu-satunya petinju Indonesia yang berhasil meraih perolehan medali emas. Setelah Kornelius berhasil mengalahkan Rogen Ladon (Filipina) dalam final pertandingan tinju kelas 46-49 kg SEA Games 2015 di Hall 2 Singapura Expo, Rabu.
Sementara petinju putri andalan Indonesia pada kelas 54 kilogram, Christina Jembay, harus mengakui keunggulan Tasamalee Thongjan dari Thailand dalam pertarungan final partai keempat yang sangat ketat dengan skor akhir 0-3.

Christina harus puas dengan medali perak pada nomor itu dan mengubur ambisinya untuk meraih medali emas pertama bagi tim tinju Indonesia dan medali emas pertamanya di SEA Games. Meski gagal mengibarkan Merah Putih di arena tinju, namun Christina tampil penuh percaya diri meladeni Tassamalee.

Tim tinju sudah menyumbangkan satu medali emas, satu medali perak dan dua medali perunggu. Medali perunggu dipersembahkan oleh Ester Kalayukin pada kelas 46-49 kilogram putri dan Farrand Papedang pada kelas 60 kilogram. Pada SEA Games 2013 di Myanmar Indonesia hanya meraih empat medali perak dan empat medali perunggu.

Dalam pertarungan empat ronde itu dua wasit menyatakan petinju Indonesia menang dengan skor 29-28, 29-28 dan satu juri mengunggulkan Ladon 28-29 sehingga Kornelis menang 2-1. Usai pertandingan, Kornelis mengatakan pertandingan final cukup berat dan dia sempat terdesak meski kemudian bisa bangkit lagi pada ronde terakhir.

"Saya sempat kewalahan di awal, namun akhirnya bisa bangkit dan meraih emas. Medali ini saya persembahkan bagi masyarakat Indonesia, keluarga dan teman-teman saya yang mendukung selama ini," kata Kornelis. Ia menyebut Ladon sebagai petinju berpengalaman dan dia cukup kesulitan mengatasinya.

"Ia petinju bagus dan berpengalaman, namun saya ikuti semua saran pelatih yang memberi instruksi menyerang dan sesekali bertahan. Ladon sangat licin dan saya beruntung bisa mengatasinya," katanya.

Dalam perayaan kemenangan dilakukan tim di arena tinju oleh tim Indonesia. Kornelis tidak kuat menahan tangis saat turun dari ring dan disambut oleh ofisial dan petinju lainnya.

"Dengan waktu latihan yang termasuk singkat namun tim bisa meraih medali emas. Semua atlet sudah tampil maksimal meski dengan latihan yang jauh dari cukup," kata Pelatih Tim Indonesia Adi Swanda. Dibandingkan SEA Games 2013, hasil kali ini lebih baik dengan satu emas. Sebelumnya empat perak dan empat perunggu," kata Adi. (Raf)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...