Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Bonus Peraih Emas Olimpiade 2016 Rp 5 M

Rabu, 16 Desember 2015

Share this history on :
KEMENPORA Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus mencari cara guna melecut motivasi atlet-atlet proyeksi Olimpiade agar bisa berprestasi di Rio de Janeiro 2016. Salah satunya adalah melalui bonus, di mana peraih emas dijanjikan uang Rp 5 miliar.

Jika dilihat nilai konversinya, jumlah ini luar biasa besar karena di Olimpiade 2012 yang dilangsungkan di London peraih medali emas dijanjikan hadiah uang Rp 1 miliar. Namun ketika itu tak satupun atlet Indonesia meraih emas.

"Adanya peningkatan nilai nominal bonus untuk atlet peraih medali emas Olimpiade sebagai bentuk penghargaan bahwa berjuang di dunia olahraga itu sangat berat," ujar Djoko Pekik Irianto, Deputi IV Bidang peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Rabu (16/12/2015) kepada wartawan di Media Center, Kemenpora.

Menurut Djoko, tidak hanya peraih medali emas saja yang akan mendapat kucuran bonus sebesar. Peraih medali perak dan perunggu masing-masing mendapatkan Rp 3 miliar dan Rp 1 miliar. Angka itu juga meningkat karena di Olimpiade sebelumnya hadiah uang sebesar Rp 400 juta dan Rp 200 juta.

Djoko menambahkan, pemerintah sudah mencanangkan soal peningkatan nominal anggaran bonus masing-masing atlet peraih medali, hingga kini payung hukum untuk pencairan bonus itu masih dalam tahap proses. Djoko meyakini penerbitan regulasi itu tidak akan lama, sebab anggarannya sudah tersedia di dana APBN 2016 sebesar 100 miliar.

"Kita masih menunggu, sebab regulasinya masih dalam proses tapi itu tak akan lama karena anggarannya sudah ada. Mungkin nanti payung hukumnya berbentuk Permen (peraturan menteri). Jadi Rp 100 miliar itu nanti dibagi tiga Asian Paragames, Olimpiade, dan Paralimpiade. Olimpiade itu tidak akan banyak, paling dua itu pun hanya Rp 10 milar, selebihnya untuk Asian paragames sekitar 50-75 miliar, sisanya paralimpiade," terangnya. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...