Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kemenpora Gelar Seleksi Siswa Baru Masuk SKO Ragunan

Senin, 23 Mei 2016

Share this history on :
KEMENPORA menggelar seleksi penerimaan siswa baru di Sekolah Olahraga (SKO) Ragunan untuk 11cabang olahraga(cabor). Kusus hari pertama hanya melaksanakan seleksi untuk cabang sepakbola yang dilaksanakan pada Senin (23/5) pukul 07.00 WIB. Para peserta langsung melakukan regristrasi untuk mengambil I'D. lalu peserta melakukan test tehknik dan skill di lapangan Ragunan. Dilanjutkan test tehknik dan taktik dalam permainan di kombinasi dengan para pemain SKO Ragunan. Dibawah guyuran hujan, para peserta cabor sepakbola tetap semangat. Tanpa mengenal lelah, pasalnya mereka antusias untuk masuk dalam Kawah Candra Dimuka sepakbola Ragunan.

Tes cabor sepakbola hari pertama ini selesai hingga Pukul 18.00. Dengan permainan dan mengunakan gawang kecil. Dengan waktu kurang lebih 1x 20 menit. Sementara test hari kedua adalah skill individu. Lalu dilanjutkan dengan game dalam penguasaan permainan. Hari kedua adalah hari yang sangat menentukan.

Tim seleksi sepakbola adalah Coach Bambang Ito dan Yopi Riwoe. Yopie yang di tugaskan PSSI langsung membantu memantau pemain pemain muda kualitas untuk masuk skuat SKO Ragunan tahun ini. Menurutnya ini tugas saya untuk memantau pemain muda berbakat dari seluruh Indonesia, sepakbola lahir dari usia muda, karena itu pemerintah dan federasi harus bersinergi untuk membangun pondasi melalui usia muda.

“Saya ingin kompetisi usia muda terus berjalan di setiap usia baik usia 14, usia 16 dan usia 17 untuk mengisi setiap kompetisi di daerah, prinsipnya saya akan siap memantau pemain muda di daerah, ditambah dukungan pemerintah sangat baik dalam mengelola pembinaan usia muda, yang sudah ada dari SKO maupun PPLP,” pungkas Yopie yang saat ini berlisence A Nasional dan C AFC kepada wartawan di lapangan Ragunan, Senin (23/5).

Hal senada dikatakan BambangIto bahwa posisi dan kebutuhan tim ada di dua center bek, bek kiri murni dan posisi gelandang, empat posisi itu yang saat ini di butuhkan. “Secara kualitas hari pertama dan hari kedua harus menunjukan grafik yang baik agar pemantau bisa melihat pemain dalam performa yang stabil. Pemain juga baik secara individu maupun kerjasama tim itu yang di butuhkan. Oleh karena itu kita kombinasi dari pemain lama dan pemain baru agar di padu dan seimbang,”terang Coach Bambang Ito.

Setelah tes cabor sepakbola, dilanjutkan tes untuk 10 cabor lainnya, yakni Atletik, Bolabasket, Bulutangkis, Panahan, Pencaksilat, Renang, Senam, taekwondo, Tenis Meja dan Tenis Lapangan.

Sementara Upacara pembukaan akan dilakukan pada Hari kedua, Selasa (24/5), Pukul 07.00 yang akan dibuka oleh Asdep Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah khusus olahraga (SKO) Teguh Raharjo di lapangan Ragunan Jakarta. Bagi para peserta diwajibkan untuk hadir.

Jumlah total adalah peserta awalnya adalah 207 pendaftar, setelah diverifikasi yang mana di nyatakan lolos seleksi berkas sekitar 131 peserta. Sehingga ada sekitar 76 peserta yang tidak lolos. Tes dari berbagai aspek diantaranya, kekurangan di persyaratan atau tahun kelahiran yang melibihi batas usia, tinggi badan yang tidak memenuhi syarat. Tidak melengkapi form kesehatan karena dianggap tidak melengkapi kesehatan dan pengalaman atau sertifikat yang menjadi bagian syarat pemain.

“Kita melakukan tes untuk 11 cabor. Hari pertama di cabang sepakbola, kemudian hari kedua dilanjutkan ke-10 cabor lainnya. Tes ini benar-benar murni. Sebab kita menginginkan atlet yang masuk SKO Ragunan benar-benar atlet berbakat dan tak ada unsure rekayasa serta unsure KKN-nya. Hasil tes ini akan diumumkan dan diinformasikan melalu website www.sentrakeolahragaan.info,” kata Kabid SKO Ragunan Menpora Pura Darmawan. Jordan

Berikut rangkaian test calon siswa SKO Ragunan :
A. Pendaftaran:14 Maret s.d. 29 April 2016
B. Pengumuman seleksi berkas:13 Mei 2016
C. Tes keterampilan: 23-24 Mei 2016
D. Tes fisik: 25 Mei 2016
E. Pengumuman tes keterampilan dan fisik 26 Mei 2016
F. Tes kesehatan dan psikologi: 27 Mei 2016
G. Pengumuman akhir: Minggu pertama bulan Juni 2016.


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...