Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Wasit Asing Jalankan Misi di Liga I Putaran 2

Selasa, 08 Agustus 2017

Share this history on :
KOMPETISI Gojek Traveloka Liga 1 putaran pertama sudah usai, kini memasuki fase kedua. Salah satu yang menjadi sorotan adalah kinerja wasit. Terkait hal itu Liga Indonesia Baru, sebagai operator pertandingan telah mendatangkan enam wasit asing di fase pertama ini.

Bahkan mereka sudah mulai bertugas awal pekan ini. Hal ini dilakukan sebagai perhatian khusus PSSI, dimana kepemimpinan wasit menjadi salah satu bagian penting dalam penilaian mutu kompetisi.

Kualitas wasit Indonesia, seperti pernah disebutkan oleh George Cummings (mantan direktur wasit FIFA) yang sebelumnya sempat didatangkan oleh PSSI untuk pembenahan dan peningkatan kualitas wasit, mengatakan perlu untuk lebih ditingkatkan kualitasnya terlebih ini menyangkut kompetisi.
Pada hari Rabu (2/8/2017) beberapa wasit asing sudah tiba di Indonesia. Wasit yang datang pada tahap pertama ini berasal dari negara anggota AFC, yaitu Australia dan Kyrgyzstan.

"PSSI berinisiatif untuk mendatangkan wasit asing. Australia dan Kyrgyzstan menjadi dua negara awal yang dipilih oleh PSSI untuk mengirimkan wasitnya agar bisa bekerja memimpin pertandingan di kompetisi Indonesia yang sedang berjalan saat ini. Yang jelas, mereka memiliki lisensi wasit dari FIFA,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

“Di periode pertama, mereka akan datang tanggal 2 Agustus 2017 dan bertugas hingga tanggal 15 Agustus 2017. Untuk selanjutnya di periode kedua diperkirakan tanggal 16-28 Agustus 2017, berikutnya di periode ketiga tanggal 29-11 September 2017. Setiap periodenya kami menggunakan wasit dari negara yang berbeda.” Tambahnya.

PSSI akan menghadirkan dua set perangkat wasit, yang terdiri dari dua wasit utama dan empat asisten wasit untuk periode pemanggilan pertama. Dengan hadirnya wasit asing, PSSI menginginkan adanya perbaikan kualitas dan mutu pertandingan. Salah satunya adalah kinerja wasit dan perangkatnya. Dipakainya wasit asing selain untuk tujuan itu juga diharapkan bisa memberi pelajaran atau transfer ilmu dengan wasit lokal.

“Tidak berhenti sampai disitu, PSSI juga menekankan bahwa program penggunaan wasit asing akan mengarah kepada program pertukaran pada akhirnya,” tutup Tisha. Mengenai teknis penempatan tugas wasit asing tersebut pada Gojek Traveloka Liga 1, PSSI menyerahkan hal tersebut kepada operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru. >Jordan

Berikut wasit asing yang tiba pada tahap Pertama:
1. Australia
- Evans Shaun Robert
- Brown Wilson Kenneth
- Lakrindis George
2. Kyrgyzstan
- Rysbek Sherkerbekov
- Artem Skopintsev
- Eldiiar Salybaev

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...