Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Idrus:AG Sebagai Promosi Wisata dan Produksi Dalam Negeri

Minggu, 29 Juli 2018

Share this history on :
SETELAH menyinggahi Pantai Tanjung Bira Torch Relay (kirab Obor) Asian Games 2018 tiba di Anjungan Pantai Losari, Makassar. Obor disambut dan dibawa oleh Menteri Sosial, Idrus Marham. Kedatangan api obor disambut antusian warga kota Makassar, Sulawesi Selatan. Acara penyerahan api obor dimeriahkan dengan badik dan tarian angaru, Minggu (29/07/2018) sore.

Dua pejabat teras yakni Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, bersama Menteri Sosial, Idrus Marham, membawa obor Asian Games 2018 menuju  Anjungan City of Makassar. Setelah dilakukan ritual adat khas Bugis-Makassar itu, Idrus menyerahkan api abadi tersebut kepada Moh.Ramdhan Pomanto.

Acara ini juga dihadiri Deputi II Bidang Administrasi Pertadingan INASGOC, Francis Wanandi dan Kepala dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan, Sri Endag Sukarsi.

Dalam sambutannya Idrus Marham menyampaikan ucapai terima kasih kepada INASGOC yang sejak awal mendesain penyelenggaraan Asian Games 2018. “Atas nama pemerintah saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada INASGOC, sejak dari awal mendesain penyelenggaraan Asian Gaames,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dilihat dari segi Logo dan Maskot Asian Aames 2018, itu sebuah sketsa yang memiliki arti strategis. Menurutnya, masyarakat harus memhami benar arti yang terkandung dalam logo dan maskot Asian Games tersebut.

“Logo Asian Games 2018 itu sketsa Gelora Bung Karno, menyerupai matahari. Matahari itu adalah sumber energi. Maka, ini sesuai tema Asian Games 2018 Asia of Energy,” kata Idrus Marham.

Adapun maskot, pertama diberi nama Bhin Bhin (burung Cendrawasih), ini mewakli Indonesia Timur dimaknai sebagai starategi. Kedua, Atung yang mewakili Indonesia Tengah dimaknai sebagai kecepatan, dan terakhir diberi nama Kaka (Badak), ini mewakili Indonesia Barat dimaksnai sebagai perbuatan.

Masih menurut Idrus, jika ditarik makna dari logo dan maskot tersebut diatas, di situ tercermin sinergis yang kuat yaitu strategi kerja sama melaui kertja keras untuk mencapai tujuan. “Asian Games wadah bertemunya negara-negara Asia membentuk semangat kebersamaan. Indonesia adalah  membangkitkan energi Asia, maka kebangkitan negara-negara Asia dimulai dari Indonesia,” katanya.

Kesempatan sama Moh Ramdhan Pomanto, mengajak seluruh eleman masyarakat, khususnya warga kota Makassar, untuk menciptakan semangat kemenangan di ajang Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus  sampai 22 September 2018. “Mari kita ciptakan semangat kemenangan, untuk itu  kita dukung Asian Games 2018,” katanya.

Setelah arak-arakan di seputar Jalan Protokol di Kota Makasar obor Asian Games akhirnya tiba di Kediaman Gubernur Sulsel. Rombongan disambut langsung oleh Mentri Pertanian Amran Sulaiman dan PJS Gubernur Sulsel Soni Sumarsono.

Mentri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan semoga semarak Torch Relay akan menular kepada para atlet kita untuk mencapai prestasi. Demikian halnya kita sebagai tuan rumah kita harus mampu mencapai sukses penyelenggaraan dan sukses mengangkat perekonomian rakyat melalui promosi produksi dalam negeri.

"Event ini milik seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya kita wajib menyukseskan pesta olahraga bangsa-bangsa Asia ini," kata Amran.

Kirab obor Asian Games menempuh perjalanan di sejumlah titik kota Makassar, di antaranya Jalan Jenderal Jenderal Ahmad Yani, Jalan Jeneral Sudirman, dan Jalan Haji Bau.

Kirab obor kali ini dibawa sepuluh mantan atlet berprestasi internasional asal Sulsel bergantian memegang api. Di antaranya mantan atlet selancar angin yang kini menjabat Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel Malik Faisal.

Selanjutnya Lentera api abadi Asian Games 20198 diinapkan di Rumah Dinas Gubernur Sulsel pada malam ini dan besok Senin (30/7) pagi diterbang ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, untuk melanjutkan kirab keliling Indonesia. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...