Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Menpora:Saatnya Catur Indonesia Bangkit

Rabu, 14 November 2018

Share this history on :
IMAM Nahrawi selaku Menpora membuka JAPFA Chess Festival 2018 di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa, (13/11/2018).  Kejuaraan dimulai 13-17 November 2018,  diikuti 498 peserta dari 5 negara yakni Indonesia, India, Australia, Filipina dan Malaysia.

Menpora berterima kasih dan mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kejuaraan tersebut. “Saya betul-betul merasa beruntung bisa ada di sini untuk melihat festival catur. Disini penuh diisi oleh para pecatur hebat. Terima kasih JAPFA dan KONI yang terus mengembangkan olahraga catur di Indonesia," katanya.

Imam melanjutkan, olahraga catur ini menunjukkan sisi sportif, saling respek hingga saling menghargai, termasuk juga dengan para suporternya. Untuk jtu, momentum ini harus dijaga demi kejayaan olahraga Indonesia.

“Suporter catur ini saling menghargai, saling respek dan sportif. Saya membayangkan, kalau setiap RT/RW di Indonesia bermain catur, pasti situasi damai dan tentram, permasalahan yang ada mudah-mudahan beres. Karenanya, festival ini harus didukung, Kemenpora terus mendukung,” jelasnya.

Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto berharap, kejuaraan festival ini dapat berlangsung secara sportif dan juga dengan suasana yang penuh gembira. “Percasi bertekad untuk melahirkan Grand Master, dan itu lah kekuatan kita. Kita sudah melahirkan pecatur hebat seperti Irene, Susanto. Kita harap melalui kejuaraan ini dapat melahirkan pecatur-pecatur yang hebat,” katanya.

Even bergengsi ini menggelar duel meet dengan mempertemukan antara Women  Grand Master Medina Aulia (Indonesia) dengan Women Grand Master Janella Frayna (Filipina) pada dwi lomba internasional. Dalam pertandingan itu, Menpora menyempatkan diri untuk menonton langsung duel tersebut. Kejuaraan festival catur JAPFA 2018 ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp162,5 juta dan USD 1.600.

JAPFA Chess Festival 2018 juga mempertandingkan terbuka untuk umum. Dan mempertandingkan antar karyawan, wasit, juri, dan media. Dan beberapa kelompok usia. "Ini bagian dari proses pembinaan jangka panjang. Kami juga berharap pentas  JAPFA Chess Festival 2018 akan hadir bibit-bibit baru untuk diandalkan menjadi pecatur hebat, harap Utut Adianto.   Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...