Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Turnamen Catur Online Nasional HUT Bhayangkara Ke-75 Berlangsung Sukses

Senin, 05 Juli 2021

Share this history on :

TURNAMEN Catur Online se-Indonesia dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-75 yang dilaksanakan hari Minggu 4 Juli 2021 mulai jam 14.00 WIB diikuti oleh 1.205 peserta dari 1.580 peserta yang terdaftar. Berlangsung sukses, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

“Sisa 375 peserta lainnya memilih untuk menonton di platform Lichess, sebagian karena terlambat dan sebagian lagi mungkin down. Sebab peserta kali ini diikuti pecatur papan atas Indonesia seperti GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro, IM Yoseph Taher dan banyak lagi,” jelas Ketua Pelaksana Henry Hendratno yang juga Sekretaris Jenderal PB Percasi dalam rilisnya.

Turnamen diawali dengan sambutan melalui video oleh Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol. Dedi Prasetyo yang menekankan agar semua peserta bertanding dengan semangat sportifitas tinggi dan selalu mengikuti protokol kesehatan di masa PPKM darurat yang mulai diberlakukan di pulau Jawa dan Bali. 

Di babak penyisihan yang dimulai pukul 14.00 WIB menggunakan sistem pertandingan Arena 120 menit, 75 peringkat teratas berhak maju ke babak final. Di babak final yang dimulai pukul 20.00 WIB-22.00 WIB menggunakan sistem pertandingan Swiss 8 Babak.

Adapun urutan pemenangnya adalah IM Yoseph Taher dari Papua berhasil tampil sebagai juara. Dibuntuti oleh GM Susanto Megaranto dari Jawa Barat di peringkat ke-dua, dan Catur Adia Sagita dari Jawa Timur menempati peringkat 
ke-tiga. 

Total hadiah babak penyisihan Rp 17 juta untuk 75 peringkat teratas, dan total hadiah babak final Rp 8 juta untuk 20 peringkat teratas.

Penggagas sekaligus sponsor turnamen ini H. Agustiar Sabran yang merupakan anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah merasa gembira dengan antusiasme para peserta.

“Saya puas dari hasil  turnamen ini. Ini kali kedua kami gelar turnamen lewat online. Sebelumnya kami menggelar Turnamen Catur Online Di Hari Kelahiran Bung Karno Dan HUT PDIP Ke-48 beberapa waktu lalu," kata Agustiar.

Agustiar menambahkan masa pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir, ternyata para pecatur Indonesia tetap bersemangat untuk bertanding secara online tanpa melanggar protokol kesehatan.

"Insyaallah saya akan menyelenggarakan lagi turnamen catur online serupa pada kesempatan mendatang," tegas pria yang hobi catur sejak remaja itu. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...