Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Asdep WP, Kemenpora, Mulyani. Pemuda Memiliki Peran Penting Dalam Kemajuan Sektor Kemaritiman Di Indonesia

Selasa, 12 September 2023

Share this history on :

Ket foto:Asdep WP, Kemenpora, Mulyani:Pemuda Memiliki Peran Penting Dalam Kemajuan Sektor Kemaritiman di Indonesia. (Foto Taufik PA)

Pembukaan Pelatihan Pemuda Maritim dalam Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Pesisir dan Ketahanan Bencana resmi kini di buka, Pembukaan langsung di hadiri oleh,  Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Bp. Dr. Drs, Yohan, M.Si.

Dalam kesempatan sama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Prov. Jawa Tengah, Bp.Agung Hariyadi, SE., MM, Asisten Deputi Pengembangan Perikanan Budidaya, Kemenko Marves, M. Rahmat Mulianda, S.Pi., M. Mar, Widyaiswara Ahli Utama BNPB. Ir. Medi Herlianto,CES, MM, Akademisi Universitas Pertamina, Dr. Indra Kusumawardhana, S. Hum., M. Hub. Int. dan Seluruh Pemuda Provinsi Jateng.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) dalam Pelatihan Pemuda Maritim dengan tema “Memberdayakan Pemuda untuk Ekonomi Biru dan Ketahanan Bencana”.

Memanfaatkan potensi sumber daya pesisir dan membangun penghidupan yang berkelanjutan, menjadi salah satu pembahasan sekaligus pelatihan untuk para Pemuda Maritim. Di gelar selama dua hari  pada tanggal 12 -13 September 2023 di Jalan Depok No. 33 Hotel Khas Semarang, Jawa Tengah.

Di pembukaan Asdep Wawasan Pemuda Kemenpora Mulyani Sri Suhartuti, mengatakan, dalam menjaga kekayaan maritim kita, Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan sektor kemaritiman. Mereka adalah penerus generasi yang akan mewarisi laut kita dan juga agen perubahan yang dapat berperan mengembangkan potensi maritim melalui berbagai cara.


Dalam UU Kepemudaan diyatakan bahwa Pemuda berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional, terang nya pada Wartawan, di Hotel Khas Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/9).

"Pemuda juga dapat memainkan fungsi penting dalam membangun kesadaran dan pelestarian lingkungan laut. Mereka bisa menjadi advokat untuk konservasi laut, mengurangi polusi, dan mendukung tindakan untuk melindungi ekosistem laut. Terkait kewirausahaan, Pemuda pun dapat menciptakan usaha baru yang terkait dengan kemaritiman, seperti perusahaan perikanan yang berkelanjutan, agen pelayaran, atau layanan pariwisata bahari," tambahnya pada sambutanya.

Berikut jadwal kegiatan Pelatihan Pemuda Maritim di Semarang, Jawa Tengah dimana. Dalam kegiatan Pelatihan Pemuda Maritim di tengah diskusi dan tanya jawab juga akan di hadiri oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat Deputi Bidang Pencegahan dan 
Kesiap siagaan Badan Nasional 
Penanggulangan Bencana (BNPB), Ir. Medi Herlianto, CES., MM, dengan materi Peran Pemuda dari Mitigasi Resiko ke Tangguh Bencana. Selain itu, hadir dari Akademisi dan Praktisi dari Universitas Pertamina Dr. Indra Kusumawardhana, S.Hum., M.Hub. Int, untuk jadwal kegiatan pelatihan hari ini, Selasa (12/9).

Di tempat yang sama Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Dr. Drs, Yohan, menambahkan Kegiatan Pelatihan Pemuda Maritim ini adalah salah satu Program Prioritas “Pemuda Tangguh” yang merupakan Pelatihan Pemuda Maritim memiliki tujuan memberdayakan Pemuda untuk kelestarian Laut dengan turut berkontribusi dalam memanfaatkan Potensi Sumber Daya Pesisir dan menjadi mata pencaharian warga setempat secara berkelanjutan.

"Meningkatnya angka partisipasi pemuda dalam kepedulian terhadap Lingkungan hidup, kemaritiman, dan keaktifan, kemandirian dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Hal ini sejalan dengan indikator IPP yang harus ditingkatkan sebagai tolak ukur Pembangunan pemuda,"tutupnya.

Meningkatnya jumlah pemuda yang Kreatif dan Inovatif, Pelatihan Pemuda Maritim ini Di hadiri 100 para pemuda lebih dari Provinsi Jawatengah acara ini di mulai pada Selasa Pagi (12/9) Pukul 08.00 WIB di Hotel Khas Semarang, di awali dengan Doa Pembuka dan Menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta Pelatihan Pemuda Maritim. Jordan /Taufik PA
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...