Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kejurnas Gantole di Wonogiri

Selasa, 06 April 2010

Share this history on :

SOLO - Jateng bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas Gantole 2010. Ajang yang diagendakan berlangsung bulan Agustus mendatang itu, rencananya digelar di kawasan Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri.

Sebab, lokasi tersebut dinilai menjadi salah satu venue yang paling bagus bagi salah satu olahraga dirgatara tersebut.

’’Kejurnas sudah ditetapkan akan diselenggarakan di Wonogiri. Tapi jadwalnya bersifat tentatif, tergantung kesiapan daerah sebagai penyelenggara,’’ kata Ersy N Firman, Ketua Bidang Gantole pada Persatuan Layang Gantung Indonesia (PLGI) Pusat, kemarin.

Sepanjang tahun ini, ada empat kejuaraan berlingkup nasional yang menjadi agenda resmi Gantole Pusat.
Latihan Towing

Agenda tersebut diawali dengan kejuaraan terbuka menggunakan sistem aero towing di Kalimantan Selatan, akhir Mei mendatang. Lalu, kejurnas dengan start terbang di launching bukit Joglo di Wonogiri, dilanjutkan kejuaraan terbuka di Batu Malang akhir September, serta kejuaraan aero towing di Lombok, Nusa Tenggara Barat, bulan November mendatang.

Menurut Ersy, kejuaraan menggunakan aero towing atau start terbang dengan ditarik pesawat trike kini masuk dalam jadwal karena pada PON XVIII/2012 di Riau mendatang, cabang gantole juga akan diselenggarakan menggunakan towing.

’’Jadi kami mengawali penambahan jam terbang para atlet menggunakan sistem tersebut, melalui kejuaraan-kejuaraan terbuka,’’ jelasnya.Ketua Pengprov Gantole Jateng Oke Adrianto menyambut positif rangkaian agenda kejuaraan itu. Selain berlatih terbang dari tempat launching ketinggian sekitar 460 meter di atas permukaan laut (dpl) pada Bukit Joglo kawasan Waduk Gajah Mungkur, beberapa atlet Jateng kini juga kembali latihan towing.

Latihan dimulai di Lanud Wirasaba, Banjarnegara pada 14-28 Maret lalu, dilanjutkan di Bandara Adi Soemarmo. ’’Atlet Arif Nursilo sekaligus berlatih menjadi pilot pesawat trike, sehingga nantinya latihan towing atlet gantole Jateng dapat lebih intensif,’’ ungkap Oke yang juga pilot trike. tulus supangkat
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...