Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Cerdas Barus Terus Melaju

Minggu, 21 Agustus 2011

Share this history on :

GRAND Master (GM) Cerdas Barus melangkah mulus di turnamen catur So Nice Ramadhan Cup 2011. Pada hari pertama, Sabtu (20/8) di Wisma Karsa Pemuda Senayan, Jakarta, pecatur berusia 51 itu melahap lawan-lawannya dalam 4 babak pertama.

Di hari kedua, Minggu (21/8) akan memainkan 5 babak. Dari 4 babak yang telah dipertandingkan, Cerdas mengantongi poin sempurna, 4. IM Taufika Halay (Sulsel) yang mengantongi elo rating 2.423 meraih poin 3,5.

Cerdas dengan elo rating 2.459 memang difavoritkan menjuarai turnamen yang digelar untuk kali ketiga ini. Terlebih pecatur Pelatnas SEA Games XXVI tak ikut
berpartisipasi.

Meski begitu, Wakil Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto menilai persaingan menuju tangga juara tetap ketat.Pasalnya beberapa pecatur andal dari berbagai daerah ikut berpartisipasi. Sebut IM Taufik Halay (Sulsel) yang memiliki elo rating 2.423, IM Dede Liu (DKI Jakarta/2.396) serta FM Anjas Novita (Jabar/2.498).

“Turnamen catur cepat kali ini tetap menarik, ajang ini menjadi wahana tersendiri bagi para pecatur untuk tetap terus mengasah ketrampilan mereka,” kata Utut.

Turnamen yang diikuti 247 pecatur ini memainkan sistem Swiss 9 babak. Tiap pecatur harus bermain cepat dengan waktu 25 menit tiap babak.

Para pecatur pelatnas SEA Games absen dikarenakan tengah berada di luar negeri untuk melakukan uji coba.Pecatur pelatnas seperti GM Susanto Megaranto, GMW Irene Kharisma Sukandar melakukan uji coba ke sejumlah negara Eropa seperti Swiss, Belanda dan Rusia.

Ditambahkan Utut, untuk dapat menjadi pecatur andal sangat perlu waktu jam terbang, tidak bisa dadakan atau instan. Karena itu, turnamen seperti ini sangat dibutuhkan, apalagi turnamen ini satu-satunya turnamen di Indonesia yang menggelar catur cepat 25 menit, selain Kejurnas Percasi.

“Turnamen seperti ini diperlukan bagi para pecatur karena mereka harus terus bertarung meskipun bersamaan dengan bulan puasa,” ujar Utut yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI-P ini.

Turnamen So Nice Ramadhan Cup akan memperebutkan hadiah total Rp 38 juta, hadiah utama bagi juara sebesar Rp 5 juta. Sementara itu, perwakilan dari So Nice William Yussak mengatakan, So Nice tetap komitmen untuk terus mendukung bagi pembinaan para pecatur dengan menyelenggarakan Ramadhan Cup serta Christmas Cup pada Desember mendatang. PG/Ary

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...