Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Mahalnya Nonton Bola di Inggris

Selasa, 09 Agustus 2011

Share this history on :

MENONTON sepakbola di Inggris semakin hari semakin menjadi kegiatan yang mahal. Bayangkan, dari 104 klub profesional yang ada di Inggris dan Skotlandia, hanya 11 klub yang menawarkan biaya komplit dari tiket menonton, brosur pertandingan, hingga membeli makanan pie daging khas Inggris dan secangkir teh, dibawah £20 atau Rp280.000.

Penelitian yang dilakukan BBC Sport terhadap empat divisi sepakbola di Inggris serta Liga Utama Skotlandia menunjukkan bahwa daerah barat laut kepulauan Inggris Raya merupakan tempat yang paling murah untuk menikmati pertandingan bola.

Berbagai klub itu diminta menunjukkan harga tiket yang paling murah dan mahal, termasuk harga secangkir teh, kue daging atau pie, dan brosur program. Semua hal itu merupakan biaya komponen rata-rata yang dikeluarkan orang untuk menonton bola.

Penggemar sepakbola yang rutin menonton di Inggris Raya diperkirakan mencapai 16 juta orang untuk semua tingkatan divisi.

John Nagle, kepala bagian komunikasi publik untuk Liga Sepakbola (semua divisi non Liga Utama), mengatakan, ''Liga sepakbola bekerja sangat keras untuk menarik penggemar generasi berikutnya melalui berbagai inisiatif pemasaran. Itulah sebabnya belakangan jumlah penonton berada di titik tertinggi dalam 50 tahun terakhir.''
Penonton meningkat

Walau jumlah penonton tinggi, rata-rata 352.260 penonton membanjiri stadion untuk non liga utama tahun lalu, Martin Clarke dari Federasi Penggemar Sepakbola mengatakan bahwa klub-klub yang ada harus menurunkan harga agar tidak menjadi terlalu mahal untuk penggemar sepakbola pada umumnya.

"Adalah sangat penting bagi sepakbola untuk menarik lintas kelas dalam masyarakat, jadi tidak hanya kalangan menengah ke atas yang bisa membeli tiket,'' kata Clarke. "Adalah sangat penting bagi sepakbola untuk menarik lintas kelas dalam masyarakat, jadi tidak hanya kalangan menengah ke atas yang bisa membeli tiket."

Namun seorang jurubicara untuk Liga Primer menunjukkan bahwa penggemar sepakbola tetap bertambah walau biaya menonton yang makin tinggi.

Arsenal yang memiliki harga tiket termahal £100 untuk lima pertandingan kategori A dan harga kue daging termahal dengan £4 tetap saja dibanjiri penonton.

Bahkan untuk sekadar pertandingan persahabatan melawan Boca Juniors pekan lalu, lebih dari 60.000 orang memadati Stadion Emirates.

''Dengan stadion-stadion Liga Utama selalu setidaknya 92% penuh selama tiga musim terakhir, jelas bahwa penggemar menikmati sepakbola yang dipertandingkan,'' sebut sebuah pernyataan dari Liga Utama.

''Harus diperhitungkan bahwa bahwa penggemar bola ingin melihat bakat paling hebat dan menonton di stadion yang aman. Klub-klub Liga Utama menyediakan itu dan harus menanamkan modal lebih dari £2 miliar untuk menjamin itu semua.'' BBC/Ary
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...