Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

PSSI Haruskan Klub Level 1 Bayar Deposit Rp5 Miliar

Kamis, 04 Agustus 2011

Share this history on :

PERSATUAN Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menerapkan aturan ketat soal keuangan klub-klub yang akan berpartisipasi dalam Liga Indonesia.

Ketua Komite Kompetisi PSSI Sihar Sitorus menyebutkan, klub yang berada di level satu dari segi keuangan harus memberikan Deposit Partisipasi sebesar Rp 5 miliar dan Budgeting Cap Rp 15 miliar. Hal itu tercantum dalam Assesment Workshop AFC dan PSSI

Untuk tim yang berpartisipasi di level satu harus, mereka harus memiliki badan hukum yakni Perseroan Terbatas (PT) dan bersifat komersial.

Selain itu, untuk mengefisiensikan pengeluaran klub, maka ditetapkan jatah pemain asing 3+1, yang maksudnya adalah tiga pemain asing non-Asia, dan satu pemain asing asal Asia, serta satu pemain marquee, baik itu lokal maupun asing.

“Juga diberikan batasan gaji maksimal untuk pemain lokal adalah sebesar Rp 500 juta per musim. Durasi kontrak untuk pemain adalah minimal selama tiga tahun,” jelas Sihar, Rabu (3/8).

Sedangkan untuk klub yang berada di level dua, juga diberikan aturan hampir serupa dengan di level satu yakni memiliki badan hukum dan bersifat komersial, serta sanggup menyerahkan Deposit Partisipasi sebesar Rp 2 miliar dan Budgeting Cap sebanyak Rp 8 miliar.

Sementara itu untuk pemain asing hanya diberikan kuota 2+1, tanpa pemain marquee. Dan, batas maksimal gaji pemain lokal tiap musimnya adalah Rp 350 juta. Durasi kontraknya sama seperti di level satu yaitu minimal tiga tahun.

Sesuai dengan assesment PSSI, apabila klub yang memilih level dua melampaui kuota, klub akan diberi kesempatan untuk menaikkan depositnya dengan kelipatan Rp 1 miliar. Proses ini akan berhenti saat kuota level satu sudah terpenuhi. Ary
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...