Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

September, Ferrari Fokus ke Musim 2012

Selasa, 09 Agustus 2011

Share this history on :

AWAL musim Formula 1 2011 berlangsung kurang mulus bagi Ferrari. Serangkaian kegagalan mereka dapatkan di beberapa lomba perdana.

Baru menjelang pertengahan musim, tim Kuda Jingkrak mampu tampil kompetitif dan menjadi pesaing serius menuju gelar juara. Gelar juara musim ini memang masih belum sepenuhnya tertutup bagi Ferrari.

Dengan delapan balapan tersisa, tim merah terlibat persaingan sengit dengan Red Bull-Renault dan McLaren-Mercedes. Tugas berat menghadang mereka, karena Ferrari juga segera mengarahkan fokus untuk musim 2011.

Menurut Team Principal Stefano Domenicali, mulai bulan depan, September, mereka mulai memasuki rencana tersebut demi target menjadi jawara musim depan. Mereka belajar dari kegagalan pada dua musim terakhir. Hal tersebut disampaikan Domenicali dalam acara tradisional "Scuderia", Wroom Summer 2011, di Madonna di Campiglio, Italia.

Sebelum memasuki jeda panjang lalu, Domenicali menyatakan Ferrari akan terus berjuang untuk bersaing memperebutkan titel musim ini. Kondisinya saat ini pembalap andalan mereka, Fernando Alonso, tertinggal 89 poin dari pembalap Red Bull Sebastian Vettel, yang berada di puncak klasemen. Begitu juga di kategori konstruktor, Ferrari terpaut 168 poin dari Red Bull. Karena itu, Domencali ingin Ferrari bangkit sekaligus mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi untuk menyambut kompetisi tahun depan.

Hasil pengembangan mobil Ferrari menjelang jeda musim memang terlihat nyata. Alonso tampil hebat dalam empat balapan terakhir hingga mampu meraih poin paling banyak. Sayang, performanya pada awal musim sangat buruk, sehingga dia jauh tertinggal dari Vettel. Kondisi yang nyaris sama dengan musim lalu.

"Pada awal September, kami hanya akan berkonsentrasi untuk tahun depan, karena kami sudah menetapkan semua pembaruan untuk 150? Italia (mobil 2011), setidaknya sampai pertengahan Oktober," ujar Domenicali.

Beberapa poin sudah masuk dalam program pembenahan dalam beberapa pekan ke depan. Selain mengarahkan perhatian pada masalahknalpot (pembuangan), mereka juga akan meningkatkan kinerja tim teknis saat balapan.

"Pada Agustus tim juga sudah akan membenahi semua area yang dinilai agak bermasalah. Dengan tidak adanya perubahan regulasi, maka pengembangan di musim ini dapat dipakai untuk musim depan," sambungnya seperti dikutip F1 Live.

Domenicali menambahkan, dalam sebuah wawancara dengan Daily Telegraph, bahwa prioritas tim adalah harus ada peningkatan mulai awal tahun 2012. Tapi target jangka pendek adalah terus memberikan tekanan kepada Red Bull, yang dalam beberapa seri terakhir tak lagi terlalu dominan.

"Tujuan kami sekarang adalah memenangkan balapan sebanyak mungkin dan memperlihatkan bahwa mobil kami cukup kompetitif untuk level atas. Kami ingin mempersempit gap yang dalam beberapa balapan terakhir semakin berkurang," tutur Domenicali seperti dikutip Daily Telegraph. JPNN/Ary
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...