Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Karate Sukses Raih 5 Emas

Sabtu, 12 November 2011

Share this history on :

HARI Pertama pertandingan cabang olahraga karate SEA Games 2011 di Stadion Tenis Tertutup Gelora Senayan Jakarta, Sabtu, (12/11) kemarin benar-benar menjadi milik karateka Indonesia. Dari enam medali emas yang diperebutkan, tuan rumah Indonesia langsung menggeliat dengan lima medali emas. Satu medali emas lainnya lepas ke tangan karateka Vietnam.

Pesta emas Indonesia di cabang karate ini diawali karateka putri Flenty Enoch yang turun di nomor kata perorangan. Di final, Flenty mengalahkan jagoan Vietnam yang juga juara Asia, Dho Thin Thu Ha. Tidak lama kemudian, Faizal Zainudin yang juga tampil di nomor kata perorangan juga meraih emas. Faisal Zainudin di final juga mengalahkan wakil Vietnam, Thai Huy dengan skor telak 5-0. Sebelumnya di babak semifinal dia menyingkirkan atlet Malaysia, Leong Tze.

Sukses di nomor kata perorangan ini kemudian mengilhami tim kata putra-putri. Tim kata putra Indonesia menang telak 5-0 atas tim kata putra Myanmar, sementara tim putri Indonesia juga menang telak 5-0 atas tim kata putri Malaysia. Sebelumnya, tim kata putra Indonesia yang terdiri atas Faizal Zainuddin, Fidelys Lolobua, dan Azwar, di babak semi final mengalahkan tim Malaysia, dengan skor telak 5-0. Sementara tim Myanmar mengalahkan tim Laos, 5-0.

Adapun tim putri Indonesia, melaju ke final setelah di semi final berhasil menang tipis 3-2 atas tim Vietnam, 3-2. Malaysia maju ke final setelah unggul 5-0 atas Myanmar. “Pencapaian luar biasa. Tim putra kita unggul karena keyakinan, kecepatan yang pas, dan kerapihan,” ujar pelatih karate, Azwan Ali. Karateka senior Umar Syarif juga tak mau kalah. Dia mempersembahkan medali emas kelima bagi tim karate Indonesia setelah menundukkan karateka Thailand Sanphasit Chonlaphan 9-1 di final.

Sayangnya di nomor kumite putri 68 kg plus, karateka andalan Indonesia, Mardiah Nasution hanya merebut perak. Di final Mardiah harus mengakui keunggulan dari karateka Vietnam, Thi Trang Thach, 0-8. Namun pencapain perak ini sudah merupakan prestasi luar biasa bagi Mardiah. Pasalnya dia hanya ditargetkan mendapat perunggu. Manajer tim karate Indonesia, Zulkarnaen Purba, mengatakan sukses di hari pertama ini diharapkan menjadi lokomotif bagi karateka lainnya yang akan tanding pada keesokan harinya.

‘’Kita patut mensyukuri perolehan lima medali emas ini dan mudah-mudahan menjadi pelecut semangat bukan saja buat cabang karate juga atlet Indonesia secara keseluruhan,’’kata Zulkarnaen Purba. Pada hari kedua, Minggu, (13/11) ini, cabang karate mempertandingkan delapan nomor yang langsung memainkan partai final. Adapun nomor-nomor yang dipertandingkan adalah kumite perorangan -55 kg putra, 60 kg putra, -67 kg putra, -75 kg putra, -84 kg putra, 61 kg putri, -68 kg putri dan 55 kg putri. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...