Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Burtasova Juara di Japfa Chess festival

Sabtu, 21 April 2012

Share this history on :
PECATUR Rusia WGM Anna Burtasova  berhasil menjadi juara diajang Women Internasional Japfa  Chess Festival 2012. Setelah menang melawan pecatur Indonesia WIM Chelsea Monica Sihite di babak terakhir yang digelar di Gedung Serba Guna Gelora Bung Karno, Jumat (20/4/2012).  Pecatur Indonesia WIM Medina Warda Aulia menjadi yang terbaik kedua. Menyusul Berikutnya Pecatur Evgeniya Doluhanova. Peringkat keempat Anastasia Gutsko, sedangkan peringkat kelima dan keenam adalah Chelsie Monica Sihite dan Yemi Jelsen.

Sementara pecatur IM Tirta Chandra Purnama mengukuhkan diri menjadi yang terbaik di nomor putra senior setelah mengemas delapan poin hingga babak terakhir turnamen. Pada babak terakhir Tirta Chandra, yang memainkan bidak warna hitam, menutup turnamen dengan bermain remis melawan pecatur Jambi, Armansyah Putra, di langkah ke-12 dan unggul setengah poin dari lawan terdekatnya tersebut. 

"Saya bangga bisa menjadi juara, apalagi ini merupakan turnamen yang besar di awal tahun," kata Tirta Chandra setelah pertandingan usai, di Jakarta, kemarin. Chandra mengatakan bahwa dirinya tidak terlalu menekan dan hanya bermain aman di babak terakhir yang diawali dengan pembukaan Italia tersebut. Dari sembilan babak, Chandra membukukan catatan tujuh kali menang dan dua kali remis. 

Sementara itu, GM Susanto Megaranto tidak melanjutkan dua babak terakhir di turnamen ini. Sebab ia harus berangkat ke Malaysia, untuk mengikuti turnamen di negeri Jiran itu. Pecatur asal Jawa Barat tersebut hanya mengemas 4,5 poin dan bercokol di peringkat 88. Lawan Tirta Chandra di babak terakhir, NM Armansyah Putra, menduduki posisi runner-up dengan mengemas 7,5 poin.Pecatur IM Tirta Chandra Purnama mengukuhkan diri menjadi yang terbaik di nomor terbuka JAPFA Chess Festival 2012 setelah mengemas delapan poin hingga babak terakhir turnamen. Gelar juara ketiga dipegang oleh pecatur Jawa Timur IM Salor Sitanggang dengan 7,5 poin. Juara satu untuk nomor terbuka berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp14 juta, sedangkan juara dua Rp 7 juta dan juara tiga Rp 4,5 juta. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...