Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Babak Terakhir Penentu Sang Juara

Jumat, 20 April 2012

Share this history on :
PERSAINGAN enam pecatur wanita di kelompok Women Internasional Japfa Chess Festival 2012 sangat ketat. Hingga penentuan siapa yang menyandang gelar juara akan ditentukan di babak kesepeluh (terakhir). Partai yang dimainkan pada Hari ini (Jumat, 20/4) di Wisma Serbaguna, Komplek GBK, Senayan, Jakarta.

Sampai babak kesembilan yang telah berlangsung, untuk sementara pecatur WGM Anna Burtasova sementara meminpin dengan poin 5,5. Menyusul peringkat kedua pecatur Indonesia WI Medina Warda Aulia (5), berikutnya WGM Evgeniya Doluhanova (5), WI Chelsie Monica Sihite (4,5), WGM Anastasia Gutsko 4,5), dan Yemi Jelsen (2,5). Yang paling berpeluang jelas adalah Burtasova, sebab dengan poin yang tertinggi, ia tinggal menahan remis Chelsie Monica di partai kesepuluh.

Namun dengan catatan Medina dikalahkan Gutsko, atau kedua pecatur ini bermain remis. Apabila ini terjadi partai Doluhanova vs Yemi sudah tidak lagi menentukan. Andai Doluhanova pun menang, poinnya hanya 5,5. Tak sanggup untuk mengejar raihan poin Burtasova. Doluhanova berhasul juara apabila kedua pesaingnya itu, sama-sama mengalami kekalahan. Dan Doluhanova pun meraih kemenangan atas juru kunci Yemi.  Ketiga partai ini, adalah ulangan partai yang telah dimainkan pada babak kelima. Pada saat itu Doluhanova mengalahkan Yemi, Medina menundukkan Gutsko, dan Chelsie membungkam Burtasova.

Jika partai kelima terulang di babak terakhir ini sudah dipastikan Medina yang bakal juara dengan poin 6. Namun ini tidak segampang membalikkan telapak tangan. Bagaimana pun Burtasova tak akan menyerah dan berusaha sekuat tenaga untu kekalahannya dari Monica. Demikian halnya dengan Medina, ia berusaha menggulang sukses saat membungkam unggulan utama Gutsko. Demikian halnya Doluhanova masih berusaha, kendati peluangnya sangat tipis dan tergantung partai lainya.

Menurut Endar Sakti Lubis yang menjadi wasit pengawas pertandingan itu menyatakan bahwa hanya tiga pecatur yang  berpeluang besar menjadi juara. Burtasova, Medina, dan Doluhanova. "Babak kesepuluh memang menjadi partai yang sangat menentukan, siapa yang akhirnya menjadi juara. Bila partai ini, terulang seperti babak kelima, sudah dipastikan Medina lah yang juara," kata Endar.   Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...