Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Peluang Medina Raih Norm GMW Lepas

Kamis, 19 April 2012

Share this history on :

HINGGA babak ketujuh Turnamen Internasional Putri dalam rangkaian JAPFA Chess Festival 2012 di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta, Rabu. Pecatur Armenia WGM Evgeniya Doluhanova memimpin klasemen dengan 4,5 poin diikuti oleh pecatur Rusia WGM Anna Burtasova dengan empat poin. Sementara itu, WIM Medina Warda Aulia berada di peringkat tiga dengan 3,5 poin. Pecatur Ukraina WGM Anastasia Gutsko sementara di peringkat empat dengan 3,5 poin, diikuti oleh WIM Chelsea Monica dengan tiga poin dan Yemi Jelsen di posisi paling buncit dengan 2,5 poin.

Hasil yang kurang menggembirakan diraih pecatur muda Indonesia WIM Medina Warda Aulia, dua babak yang dimainkan Rabu, kemarin. Hanya meraih 0,5 point. Dengan demikian pupus sudah harapan untuk meraih norma kedua Grand Master Wanita. Medina, yang hingga babak kelima sudah mengantongi tiga poin, harus menyerah di tangan pecatur Rusia WGM Anna Burtasova pada langkah ke-51 di babak keenam. "Pada awal-awal permainan saya bagus dan sempat unggul pada akhir-akhir pertandingan. Namun saya melakukan kesalahan langkah," kata Medina setelah pertandingan usai.

Medina, yang memainkan bidak warna putih, juga mengatakan dia terlalu banyak membuang waktu di babak enam yang dibuka dengan pembukaan Sicilian Kann tersebut. Pada babak ketujuh, Medina dipaksa remis melawan pecatur Armenia WGM Evgeniya Doluhanova. Medina, memainkan bidak warna hitam, ditahan remis di langkah ke-47 permainan yang diawali dengan pembukaan Prancis. Hingga babak ketujuh turnamen, Medina mengumpulkan 3,5 poin.Dengan tiga babak tersisa, mustahil bagi Medina untuk bisa mengumpulkan poin hingga 7,5 untuk bisa mendapatkan gelar Norma GM kedua di Tanah Air.

"Hasil yang saya peroleh, sangat buruk, sehingga peluang meraih norm GMW sudah terlepas," kata Medina. Namun, Medina tetap menargetkan menjadi yang terbaik dari tiga pecatur muda putri Indonesia yang ikut berlaga di turnamen tersebut. Pada babak keenam, dua pecatur Indonesia lainnya, Yemi Jelsen dan WIM Chelsea Monica Sihite, masing-masing dipaksa mengakui keunggulan dua Grand Master Wanita asal Armenia, Anastasia Gutsko dan WGM Evgeniya Doluhanova asal Armenia. WIM Chelsie Monica kemudian bertemu dengan rekan senegaranya Yemi Jelsen di babak ketujuh. Chelsea ditahan remis oleh Yemis pada langkah ke-27 dengan pembukaan Sicilian Najdorf. Jordan


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...