Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Indonesia Gelar Turnamen Internasional Tai Chi & Chi Kung

Kamis, 30 Agustus 2012

Share this history on :

INDONESIA akan akan mengelar Turnamen Internasional Tai Chi dan Chi Kung Pertama di Indonesia pada 10-12 September 2012 di Istora, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Event ini terselenggara berkat kerjasama antara Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (FORMI) sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok di Indonesia, dan Pengurus Tai Chi & Chi Kung Indonesia.

Demikian ditegaskan Ketua Panitia Pelaksana Turnamen Internasional Tai Chi dan Chi Kung 2012, Tjandra Herawati Widjaja kepada wartawan di Jakarta, Kamis (30/8). Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan olahraga Tai Chi dan Chi Kung sebagai olahraga rekreasi yang berkembang pesat di Indonesia dan dunia. “Selain itu untuk mendukung program Pemerintah Indonesia menyehatkan masyarakat melalui olahraga dan mendukung upaya Visit Indonesia 2012,”ujar Tjandra H. Widjaja.

Sementara itu menurut Ketum FORMI Hayono Isman bahwa turnamen Internasional Tai Chi dan Chi Kung pertama di Indonesia ini, merupakan bagian dari rangkaian persiapan Indonesia sebagai Tuan Rumah the 6th TAFISA World Sport for ALL Games yang diselenggarakan di Jakarta pada 2016. “Disamping kegiatan olahraga rekreasi dan olahraga masyrakat yang sudah menjadi anggota FORMI,” kata Hayono.

Masih menurut Herawati bahwa hingga kini lebih kurang ada 700 orang peserta yang akan bertanding pada 620 nomor pertandingan perorangan dan 127 nomor pertandingan beregu. Peserta yang ikut berasal dari 8 negara, yaitu Jerman, China, Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Hongkong, dan Indonesia.Dalm turnamen kali ini panitia hanya memberikan medali kepada juara, tanpa hadiah uang.

Soal penjurian yang akan memimpin pertandingan tersebut, menurut Herawati bahwa akan melibatkan para pakar dan juri kelas dunia yang berasal dari China dan hadir atas dukungan dari Pemerintah Republik Rakyat China. “Kami meminta kepada Pemerintah China untuk membantu menjaga sportifitas pada Turnamen ini. Supaya penjurian adil dan sesuai dengan peraturan yang ada. Sehingga hasilnya benar-benar fair ”kata wanita yang sudah memasuki usia 80 tahun, namun berkat olahraga Tai Chi, ia awet muda dan segar. (Jordan)


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...