Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Dari Olahraga Menuju Panggung Politik

Selasa, 19 Mei 2015

Share this history on :
INGE Inkiriwang, bagi kebanyakan orang, terutama di pentas dunia olahraga, khususnya di arena balap sepeda, namanya memang sudah tidak asing lagi. Dialah, mantan pebalap sepeda yang pertama dari bumi Sumatera Barat yang menancapkan namanya di panggung balap sepeda nasional. Prestasinya, memang tidak semerbak Nurhayati, yuniornya, atau seharum dua yuniornya yang lain: Uyun Muzizah dan Santia Trikusuma.

Meski, demikian Inge, biasa disapa, atau dengan nama lengkap lainnya Inge Inkiriwang Djambak, namanya sampai sekarang masih fenomenal dan mendapat tempat di dunia balap sepeda. Mau bukti, ibu tiga anak ini sekarang ini masuk di kabinet Raja Sapta Oktohari, Ketua PB ISSI, menempati posisi sebagai Bidang Hubungan Luar Negeri. Semua itu, berkat dedikasi, loyalitas, dan kapasitas yang dimiliki wanita yang juga berprofesi sebagai independent counsultant ini.

Selain itu, pendiri dan pengurus Association of Indonesia Cycling Athletes (AICA), akan selalu mengabadikan dirinya di dunia yang pernah membesarkan namanya. Komitmen dirinya terhadap dunia balap sepeda tak pernah luntur. Itu sebabnya, Inge dan teman-teman sejak awal mendirikan Association of Indonesia Cycling Athletes (AICA), bertujuan memajukan olahraga balap sepeda di tanah air. Selain itu, Inge selalu ambil bagian di dalam event nasional dan internasional di bumi Pertiwi.

“Ya, saya sering dipercaya sebagai salah seorang panitia di berbagai event di Indonesia. Mengenaoi keberadaan AICA adalah sebagai mitra PB ISSI. Meski kami juga punya kewenangan mengawasi, bukan intervensi terhadap pengurus PB ISSI untuk menjalankan setiap program yang telah diberikan. Apalagi, pengurus PB ISSI sekarang ini terlalu gemuk, hingga mencapai 90 orang,” ujar mantan Plt Sekjen PB ISSI menggantikan Sofyan Ruzian di era Edmond Simorangkir ini.

Wanita kelahiran 21 Januari 1971 ini juga menegaskan, jika organisasi ingin maju, maka semua komponen harus menjalakan fungsinya masing-masing. “Semua itu diperlukan integritas, loyalitas, sportivitas, dan kapasitas. Bukan mencari makan atau numpang tenar di organisasi. Kalau semua itu dijalakan, saya yakin organisasi yang dibina bisa maju,” jelas Inge yang sekarang mulai merambah ke panggung politik.

Buktinya, wanita yang pernah sukses menggelar Musprov Pengprov ISSI Sumbar ini dipercaya Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan sebagai Wakil Sekjen DPP PAN Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). Menurutnya, masuk partai politik adalah panggilan jiwa.

“Saya merasa tertantang. Dan, saya pikir panggung politik akan memberi warna baru dalam kehidupan saya yang selama ini tak pernah saya bayangkan. Sepertinya, saya akan bebas berkreasi dengan kemampuan yang saya miliki. Tujuan akhirnya, memang ke arah legislatif. Nah, mulai sekarang ini saya harus bisa mengasah diri dan kemampuan, selain menjaga intelektual dan kemampuan bermain di panggung politik. Ini adalah seni. Dari olahraga ke panggung politik ada kesamaan dan perbedaan yang tidak terlalu kental,” tegas wanita darah Manado dan Padang ini. Jordan


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...