Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kemenpora Jalin Kerjasama dengan Untirta

Sabtu, 12 September 2015

Share this history on :
LINGKUNGAN di Perguruan tinggi atau Universitas dinila sangat strategis untuk pembinaan olahraga. Oleh karenanya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendorong sekaligus memberikan dukungan segala aktifitas keolahragaan di kalangan mahasiswa.

Demikan disampaikan Deputi Kemenpora Bidang Pendidikan dan Pembudayaan Olahrag Prof Faisal Abdulah ketika menutup secara resmi Kejuaraan Olahraga Tingkat Satuan Pendidikan Provinsi Banten di Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Serang, Banten, Jumat, (11/9).

Kejuaraan yang berlangsung sejak 9 September lalu itu mempertandingkan 4 cabang olahraga yakni catur, futsal, senam aerobik dan lari 5 K. Menurut Faisal, pengembangan olahraga di lingkungan Universitas sudah lama dilakukan dan hasilnya cukup memuaskan.

”Mulai 15 tahun lalu di Indonesia sudah memiliki Perguruan Tinggi unggulan untuk olahraga. Pada umumnya hasil pembinaan di tingkat kampus ini mewakili almamaternya di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS),”kata Faisal. Bahkan di luar negeri, lanjut Faisal, Perguruan Tinggi sudah menjadi basis pembinaan olahraga prestasi. Contoh Cina, Korsel dan Jepang. Begitu juga di Thailand.

Tingginya ritme kegiatan olahraga di tingkat kampus, Faisal yakin olahraga semakin membudaya di kalangan mahasiswa. ”Dengan melaksanakan pembudayaan olahraga yang dilakukan terus menerus dan berkelanjutan termasuk di perguruan tinggi dapat menciptakan generasi yang sehat, cerdas dan cekatan sehingga mewujudkan bangsa yang kuat dan tangguh sekaligus dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain,”tambah Faisal.

Dalam kesempatan sama disampaikan Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof Dr Sholeh Hidayat Mpd. Menurut Sholeh Hidayat, Kejuaraan Olahraga Antar Satuan Pendidikan ini menggerakkan partisipasi peserta didik di kalangan para mahasiswa se Provinsi Banten untuk melakukan aktifitas berolahraga seperti lari 5 K, catur, futsal dan senam aerobik.

”Di Kampus UNTIRTA Serang Banten ini olahraga sedang digalakkan. Karena melalui olahraga mahasiswa bisa menyalurkan energi positifnya sekaligus menjadi ajang silaturahmi,”tutur Sholeh Hidayat.

Sementara tu Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Kemenpora, Dr Sukarno MM menambahkan bahwa penyelenggaraan kejuaraan antar satuan pendidikan sebagai wujud kerjsama yang baik antar Kemenpora dan Perguruan Tinggi dalam pembinaan dan pengembangan olahraga di kampus. (Jordan)


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...