Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

JAPFA 3rd ACC 2015 Pertandingkan 3 Kategori

Rabu, 16 Desember 2015

Share this history on :
PB PERCASI bekerjasama dengan PT JAPFA menggelar Turnamen Catur Japfa 3rd ASEAN Chess Championship (ACC) 2015 yang digelar di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Bekasi, 21-30 Desember memperebutkan hadiah total 10 ribu dolar AS.

Dalam turnamen ini akan dipertandingkan tiga kategori, yakni ASEAN Open (untuk putra), ASEAN Women, dan Challengers. Hingga kini baru lima negara ASEAN dipastikan akan tampil di turnamen yang digelar selama delapan hari itu, yakni Malaysia, Filipina, Vietnam, Myanmar, dan Indonesia sebagai tuan rumah. Panitia masih menunggu kehadiran peserta dari Negara Thailand, Laos, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

“Indonesia yang akan menurunkan pecaturnya di kategori ASEAN Open yakni GM Susanto Megaranto, IM Sean Winshand Cuhendi, M Lutfhi Ali, dan Josep Taher,” kata Ketua Panitia Pertandingan, Kristianus Liem, Rabu (16/12/2015) kepada wartawan di Gedung Wisma Serba Guna, Senayan, Jakarta.

Sementara di kategori ASEAN Women, Chelsie Monica Sihite, Dewi AA Citra, Santi Nur Amidah, dan Amanda Suci akan mewakili Indonesia. Sedangkan pecatur dari keempat negara lainnya, kata Kristianus, untuk putra minimal memiliki elo rating 2.300, sementara untuk kategori putri elo ratingnya minimal 2.100.

Selain hadiah uang, pecatur yang akan turun ASEAN Open dan ASEAN Women akan memperebutkan gelar Norma Grandmaster. “Kami berharap pecatur muda Indonesia dapat berprestasdi ajang ini. Ya minimal mereka meraih Norm GM dan Norma GMW. Percasi tidak akan mengkatrol seorang pecatur untuk meraih Norma Grandmaster pada even kali ini. Biarlah mereka fight di turnamen ini,” ujari Wakil Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto seraya menambahkan event ini menggunakan sistem Swiss 11 babak.

Menurut Utut, dipilihnya SCUA Bekasi sebagai tempat turnamen adalah demi mengirit biaya. “Kalau turnamennya diselenggarakan di Jakarta, biayanya bisa membengkak. Makanya kita sengaja menyelenggarakannya di SCUA Bekasi. Untuk mengirit biaya,” ucap politisi asal PDIP ini.

Kesempatan sama, Head JAPFA Foundation Andi Prasetyo, berharap penyelenggaraan kompetisi ini bisa berlangsung sukses dan memunculkan juara yang nantinya bisa mengharumkan nama bangsa dan negara. “Pembinaan atlet nasional Indonesia sangat penting dilakukan melalui berbagai kejuaraan. Kami dari pihak JAPFA selalu komitmen membantu olahraga catur,” jelas Andi. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...