Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Pertamina-PBSI Gelar Kejurnas

Selasa, 08 Desember 2015

Share this history on :
PERSATUAN Bulutangis Seluruh Indonesia (PPPBSI) bekerjasama dengan Pertamina menggelar Kejuaraan Nasional Bulutangkis 2015. Turnamen amatir tertinggi di Indonesia ini hanya untuk menentukan rangking nasional. Eevent yang digelar pada 8-12 Desember ini di Jakarta akan menjadi bahan evaluasi menyeluruh.

Sebab, seluruh pemain yang ada di daerah yang memiliki rangking nasional 32 terbaik dan para pemain pelatnas yang tidak ikut Super Series Final diwajibkan untuk turun. Hingga nanti, hasil dari Kejurnas ini bisa dilihat sejauh mana pembinaan yang telah dilakukan daerah dan juga Pelatnas PBSI.

"Karena ini sebagai evaluasi, maka pemain Pelatnas tidak akan turun membela daerah, tetap dengan menggunakan bendera Pelatnas. Kalau yang juara adalah atlet daerah maka kita bisa lihat keberhasilan pembinaan di klub, dan kita bisa tahu apa ada yang salah dengan pembinaan di Pelatnas," ujar Wakil Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto kepada wartawan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Untuk tahun ganjil, Kejurnas hanya akan digelar pada kategori perorangan saja. Nantinya, akan ada pembagian Divisi. Untuk Divisi I akan diikuti oleh para pemain pelatnas, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, serta pada juara Kejurnas tahun lalu, yakni Riau (tunggal putra), Banten (ganda putra), dan Kalimantan Timur (ganda putri dan ganda campuran).

Mereka yang berada di Divisi II, jika nantinya berhasil menjadi juara, maka akan berhak naik promosi ke Divisi I tahun berikutnya. Sedangkan bagi mereka yang juara di Divisi I kelas taruna dan dewasa, akan mendapatkan kesempatan untuk masuk ke Pelatnas. Mereka akan mendapat masa percobaan untuk bisa bersaing mendapatkan tempat di Cipayung selama enam bulan.

"Hanya juara yang bisa mendapatkan masa percobaan tersebut. Dalam enam bulan itu, kita akan evaluasi mereka dalam empat kriteria penilaian yakni aspek fisik, psikologi, prestasi di kejuaraan, dan perilaku. Kita bandingkan dengan para atlet pelatnas. Jika mereka lebih potensial untuk dikembangkan lagi, maka mereka bisa saja direkrut," tuturnya.
Di akhir tahun ini nama-nama atlet yang promosi dan degradasi akan diumumkan. Nantinya, jika para kejurnas ini memenuhi persyaratan dan kuota per sektor masih memenuhi, maka bisa saja mereka akan masuk menjadi bagian pelatnas secara permanen.

"Jadi di awal tahun depan kuota maksimal penghuni pelatnas 82 orang, jadi jika nanti di akhir masa percobaan, para Kejurnas ini dianggap layak, maka mereka akan masuk ke pelatnas dan jika kuota sudah penuh, maka dia akan dilihat atau diadu dengan atlet yang di dalam pelatnas untuk melihat mana yang lebih potensial guna mengisi slot," sebutnya.
Kuota per sektor, 10 orang untuk tunggal putra, 8 orang untuk tunggal putri. Lalu, masing-masing 8 pasangan untuk ganda putra dan ganda campuran, serta 7 pasang untuk ganda putri.

"Saat ini kuota tunggal ada 11 orang, jadi nanti sudah pasti akan terdegradasi satu orang di akhir tahun ini. Nanti di pertengahan, setelah masa percobaan para juara Kejurnas ini selesai, kita akan lakukan evaluasi kembali bersama pelatih," teranng Yuni Kartika, Kasubdit Humas dan Media PP PBSI.

Sementara itu Ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta Alex Tirta menjelaskan, persiapan kejurnas sudah memasuki tahap koordinasi akhir antaraa panitia pelaksana yang merupakan kerjasana Pengprov DKI Jakarta dan PP PBSI. Kinerja dalam bentuk teamwork yang baik diharapkan bisa menciptakan kesuksesan di ajang terbesar perbultungakisan nasional," ujar Alex Tirta.

Menurut Alex, Kejurnas tahun ini, sangat strategis. "Sebab, punya nilai tambah bagi atlet yang juara karena mereka akan menjadi penghuni baru Pelatnas PP PBSI . Diharapkan proses regenerasi dapat tercipta dalam ajang Pertamina Kejurnas PBSI 2015 ini," tambah pria yang juga berprofesi sebagai pengusaha ini. (Jordan)


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...