Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Bantuan Rio, dari Anggaran Kemenpora ke KONI Pusat

Jumat, 29 Januari 2016

Share this history on :
ANGGARAN buat pembalap Rio Haryanto sebesar Rp. 100 miliar berasal dari anggaran Kemenpora kepada KONI Pusat tahun 2016. Demikian ditegaskan Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto. Gatot mengaku di awal plot anggaran 2016, tidak ada pos bantuan untuk Rio Haryanto.

“Kesepakatan terjadi antara Kemenpora dan KONI untuk Rio Haryanto, Jumat(22/1) lalu, merupakan revisi anggaran. Jadi bantuan anggaran dari KONI yang diperuntukkan buat beberapa cabor atau atlet, dialihkan untuk Rio Haryanto,” kata Gatot S. Dewa Broto.

Ada sekitar empat cabor yang dikorbankan dan dialihkan kepada Rio Haryanto. Namun detailnya Gatot S. Dewa Broto tidak menjawab secara tegas. Termasuk apakah bantuan untuk Rio Haryanto itu harus melalui persetujuan dari DPR terlebih dulu. “Itu nanti ada yang mengurus sendiri. Nanti Sesmenpora Alfitra Salamm yang akan menjawabnya,” terangnya.

Itu artinya, Menpora sudah memberikan dukungan dalam keikutsertaan Rio di Formula 1. "Kami telah mengumpulkan CEO dari beberapa BUMN untuk membantu pendanaan keikutsertaan Rio di F1. Pertamina sudah berkomitmen untuk membantu sebesar 5,2 juta euro, dengan persyaratan ada komitmen dari pihak lain2 yang akan ikut membantu.

Pada Jumat (22/1) yang lalu sudah ditandatangani Mou antara pihak KONI dengan PT. Kiki Sport selaku manajemen dari Rio Haryanto dalam rangka untuk membantu penganggaran terkait keikutsertaan Rio Haryanto dalam Formula 1. Bantuan yang akan diberikan KONI adalah sebesar 100 miliar yang bersumber dari bantuan Kemenpora," ujar Gatot.

"Mudah-mudahan cepat terealisasi dan kepastian saya dapat membayar uang jamiman itu. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih mendapat kabar baik bahwa, pada tanggal 22 Januari 2016 telah terkumpul dana sebesar 100 miliar rupiah dan bantuan dari Pertamina sebesar 5,2 juta Euro untuk digunakan oleh saya berlaga di Formula 1. Saya sangat berterima kasih sekali kepada Kemenpora dan pemerintah atas dukungan dan bantuan ini," kata Rio.

Sementara itu Marketing Manager Kiki Sport Indah Pennywati yang juga ibu kandung dari Rio Haryanto menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Presiden yang telah menugaskan Menpora Iman Nahrawi untuk mendukung Rio Haryanto dalam keikutsertaannya pada ajang Formula 1.

"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah, Pertamina dan BUMN yang telah mendukung Rio untuk berlaga di Formula 1. Kita berharap minggu depan akan mendapat kabar baik dari Tim F-1 Manor terkait dengan keikutsertaan Rio di Formula 1" kata Indah. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...