Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Eko Yuli Terbaik Hasil Seleknas Angkat Besi

Minggu, 05 Juni 2016

Share this history on :
AJANG penentuan Tim Angkat Besi Indonesia untuk berangkat ke Olimpiade 2016, berlangsung sangat ketat. Tercatat 17 peserta yang tampil baik dari Pelatnas dan daerah semua mempunyai kualitas yang tak jauh berbeda.

Namun pengalaman tampil di ajang internasional lah yang sangat menentukan. Terbukti peraih perunggu Olimpiade London 2012, Eko Yuli Irawan tetap menjadi yang terbaik pada Seleksi Nasional (Seleknas) Angkat Besi Olimpiade Rio de Jeneiro, Brasil 2016 yang digelar di Pintu Kuning Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (4/6).

Eko Yuli yang baru sembuh dari cedera kaki, tampil di kelas 62kg, berhasil membukukan total angkatan 320 kg (143kg Snatch dan Clean and Jerk 177 kg). Sedangkan. M Hasbi yang juga atlet pelatnas ini membukukan total angkatan 305 kg (135kg Snatch dan 170kg Clean and Jerk). Total Angkatan Eko itu masih jauh dari total angkatan lifter andalan China yakni 330kg (Snatch 150kg dan Clean and Jerk 180kg).

"Tadinya, saya sudah mencoba melakukan angkatan Snatch 147kg tapi gagal. Ini karena saya baru sembuh total dari cedera kaki. Tetapi, saya yakin dalam waktu sebulan bisa mengejar ketertinggalan sekaligus menyamakan total angkatan yang diraih lifter Cina 150kg Snatch dan 180kg Clean-Jerk. Di Rio nanti, saya memang menargetkan medali emas," kata Eko.

Dalam seleknas yang akan dijadikan acuan untuk menentukan lifter yang akan memperkuat Tim Angkat Besi Olimpiade itu juga tampil lifter daerah. Seleknas yang dihadiri Ketua Satlak Prima, Ahmad Soetjipto ini diikuti 11 lifter putra dan 6 lifter putri. Dari jumlah tersebut hanya empat yang berasal daerah. Sedangkan sisanya adalah atlet pelatnas.

Sementara di nomor putri, Lisa S menjadi yang terbaik dikelas 48 kg setelah membukukan total angkatan 176 kg. Sedangkan Sri Wahyuni hanya 86 kg. Begitu juga dengan Sinta Dharmariyani yang turun di kelas 63 kg hanya membukukan total angkatan 85 kg.

Persaingan ketat terjadi di kelas 53 kg. Dua atlet yaitu Dewi Safitri dan Syarah bersaing sejak awal. Namun Syarah lebih unggul setelah membukukan total angkatan 193 kg. Dan Dewi terpaut 2 kg yaitu 191 kg. Dan untuk satu atlet daerah yang juga bertanding adalah Diah yang turun dikelas 69 sukses membukukan total angkatan 220 kg.

Dijadwalkan sebelum bertolak menuju Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, 5-21 Agustus 2016, Tim Angkat Besi akan melakukan latihan di Capetown, Afrika Selatan. Acara Seleknas ini dihadiri Waketum KONI Pusat Soewarno, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Gatot S. Dewa Broto, dan para pengurus PB PABSI. Jordan



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...