Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Buka dan Tutup PON Anggarkan Rp 90 Miliar

Rabu, 07 September 2016

Share this history on :
PELAKSAAN PON yang akan digelar pada 17-29 Sepetmber 2016 di Jawa Barat. Segala persiapan pun terus dimatangkan guna mendapat hasil maksimal. Termasuk untuk gelaran upacara pembukaan dan penutupan PON yang akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GLBA).

Menurut Sekretaris Umum PB PON, Ahmad Hadadi, untuk seluruh upacara pembukaan dan penutupan pihaknya mengeluarkan dana sebesar Rp 90 miliar. Semua sudah disiapkan timnya sejak tahun lalu.

"Anggaran itu termasuk persiapan selama hampir dua tahun seperti latihan pembukaan dan penutupan yang melibatkan tiga ribu mahasiswa dan para penari profesional," kata Hadadi dalam jumpa pers di Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Dia juga menyebut dana itu termasuk untuk penyiapan tata lampu, pesta kembang api, penataan panggung, dan lainnya.

"Sementara untuk penyelenggaraan upacaranya sendiri tidak sampai sebesar itu, ya kira-kira Rp 30 miliar, dari angka Rp 90 M itu," tambahnya.

Sedangkan untuk keseluruhan biaya penyelenggaraan PON, Hadadi menyebut Jabar telah menyiapkan dana sebesar Rp 3,2 triliun sejak 2013. Itu mereka dapatkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan dibantu Kemenpora sebesar Rp 95 miliar. Dengan rincian Rp 60 miliar untuk PON dan Rp 30 miliar untuk Peparnas (pekan Paralimpiade Nasional).

"Tapi yang dana dari Kemenpora belum turun padahal MoU (Nota Kesepahaman)nya sudah kami lakukan. Ya kami berharap bisa cepat turun. Mohon doanya saja supaya lancar semua," ucap dia.

Menyoal konsep upacara pembukaan dan penutupan, Hadadi menuturkan konsep diambil dari situasi Jawa Barat yang dikemas melalui seni budaya yang ditampilkan dan melibatkan lebih dari 3 ribu penari.

"Kami berharap dalam pembukaan PON akan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyebarkan perdamaian, persahabatan, sportifitas, dan kedisiplinan," katanya. Raf
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...