Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Piala KONI-SIWO U-16 Gengsi Sepakbola Usia Muda

Sabtu, 07 Januari 2017

Share this history on :
PARA peserta Turnamen sepakbola U-16 Piala KONI-Siwo Pusat sudah tidak sabar unjuk kebolehan di ajang even yang kali pertama kali digelar itu. Para peserta dari daerah pun mempersiapkan timnya, baik dari keberangkatan hingga penginapan, sampai pelepasan tim.

Bahkan dukungan dari kepala daerah sangat luar biasa , bahkan ada tim yang dilepas secara resmis oleh Bupati, Walikota bahkan sampai Gubernur. Ini membuktikan mereka ingin timnya jadi juara sehingga gengsi daerahnya terangkat dengan prestasi terhormat.

Termasuk, Skuat tim sepakbola asal PPSM Ambon, jauh-jauh hari sudah siap segalanya. Mulai dari serangkain ajang uji coba jelang Kejuaraan Sepakbola Usia 16 tahun yang akan bergulir pada 24 Januari 2017 itu.

“Uji coba PPSM Ambon di level U-16 , dengan raihan hasil positif. Selalu diatas dan menunjukan hasil maximal karena tidak ada lawan tangguh. Bahkan karena tak ada lawan, kami sekarang beralih melawan tim di atas usia U17-18 tahun,” ungkap coach Mokhlis Iksan Moni SE.

Tidak kalah gengsi tim sepakbola asal Jakarta, sudah menyiapkan tim. Termasuk seleksi pemain, yang dilakukan Akademi Big Star Babek TNI Jakarta. Para pemain yang lolos kini dalam tahapan traning center (tc). Kami juga mempersiapaka, fasilitas lapangan, tempat tinggal sampai transportasi pun. Namun dalam tahap akhir kami masih menyeleksi para pemai yang lolos. Tahap akhir di minggu ini kami akan mengeluarkan nama pemain,” jelas pelatih Babek TNI, Syamsul.

Demikian halnya tim dari Jember United (JU), Jawa Timur, materi pemainnya pemain direkruit dari daerah Jember dan sekitarnya. “Materi kami datang dari berbagai daerah untuk memperkuat Jember United di turnamen ini. Berbekal pengalaman dari sederet prestasi di usianya, saya yakin anak anak (JU) bakal lolos sampai final,” ungkap Manager (JU), Sirah Judin.

Satu tim lain dari Jawa Timur, adalah PSBK Belitar tidak mau ketinggalan, terus mempersiapkan diri melalui serangkain ajang ujicoba. Namun yang paling spektakuler dalam Turnamen ini adalah rencana kedatangan tim luar. Panitia kini tinggal menunggu konfirmasi tim peserta dari Selangor, Malaysia U-16.
Menurut Ketua Panpel Turnamen Taufik Padji Alam bahwa dengan bertema Piala Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Pusat dan Seksi Wartawan Olahraga Indonesi Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO-PWI). Direncanakan akan bergulir pada 24 Januari 2017 di Jakarta.

“Para peserta saat ini sedang melakukan registrasi pendaftaran, sudah di pastikan sebanyak 14 tim sudah mendaftar.Diharapakan peserta akan terus bertambah hingga mencapai 24 tim. Saat ini panitia sudah mengantongi hampir 28 tim, secara lisan mereka menyatakan kesiapan dalam mengirimkan tim,” kata Taufik Pandji Alam kepada wartawan di Jakarta Sabtu (7/1).

Menurut Taufik para peserta bukan hanya datang dari Pulau Jawa dan Indonesia Bagian Timur. Bahkan rencananya akan diramaikan peserta dari negeri Jiran (Malaysia U-16). Sangat luar biasa respon peserta dari daerah bahkan hingga negara tetangga. “Mereka sudah siap bersaing di kejuaraan sepakbola skala nasional ini,” kata Taufik lagi.

Kejuaraan yang bertajuk nasional memperebutkan Piala KONI Pusat dan SIWO PWI kini dalam tahapan melakukan regristrasi pendaftaran. Menurut Taufik yang sudah menyatakan keikutsertaan adalah daerah dari Ambon, Surabaya, Gowa Sulsel, Jawa Barat, Mataram, Lombok, DKI Jakarta, Maluku, Lampung, Jawa Tengah, Sumatra Barat, dan Bali.

Hingga kini Panitia masih membuka pendaftaran sampai tanggal 12 Januari. Diharapkan peserta agar segera mendaftar kerena kuota terbatas hanya 24 tim. Pelaksanaan rencana digelar dari tanggal 24-27 Desember 2017, di lapangan Komplek TNI AU Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Sementara itu Ketua KONI Pusat Tono Suratman menyatakan dukungan dari KONI Pusat dan SIWO PWI merupakan bentuk kepedulian untuk memajukan sepakbola Indonesia, terutama usia dini. Turnamen ini untuk memberikan wadah Kompetisi usia muda. Dan kegiatan positif ini harus di perhatikan apa lagi mereka lahir dari anak anak muda yang masih semangat dan berkompetisi di tingkat nasional.

“Kami berharap, agar anak bangsa ini sama-sama kita bina agar semangat mereka tetap terjaga. Dan mereka tidak salah jalan dalam melakukan kegiatan yang lain. Kegiatan ini bisa memberikan energi positif, demi mencetak pemain nasional yang berkualitas, maka itu kita akan memperbanyak kompetisi atau kejuaraan yang sifatnya nasional (kejurnas),”tegas Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...