Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Isnanta Bangga Dengan Prestasi SBAI Garuda Jaya

Kamis, 01 Juni 2017

Share this history on :
INDONESIA yang diwakili Tim Sekolah Bola Anak Indonesia (SBAI) Garuda Jaya U-14 berhasil menjuarai turnamen prestisius Barcelona Football Festival 2017 yang berlangsung di Salou Sport Centre, Barcelona, pada 27-28 Mei 2017.

Atas prestasi itu Kemenpora melalui Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menyatakan sangat bangga dan terharu. “Saat ini memang prestasi sepakbola kita sedang menurun, terutama tingkat junior hingga senior. Namun untuk tingkat usia muda terutama tingkat pelajar prestasi anak-anak kita bisa sejajar dengan tim mancanegara.

Saya salut dan bangga atas prestasi anak anak SBAI. Jujur saya sangat jarang memandang piala dari luar negeri, terutama dari cabang sepakbola. Namun kali ini mampu mengangkat piala sekaligus jadi kampiun di barcelona,” kata Isnanta usai menerima rombongan Tim SBAI ini.

Isnanta berharap agar pengalaman dan prestasi membanggakan ini dapat memotivasi anak-anak bangsa ini, untuk berbuat yang lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang. “Saya berharap pengalaman internasional ini bisa ditularkan ke pemain lainnya,” katanya.

Sementara ketika disinggung masalah bonus Isnanta menyatakan, karena anak-anak ini masih dalam tingkat pelajar pihak kemenpora tentunya tidak memberikan bonus dalam bentuk duit. “Kami dari kemenpora tetap akan memberikan apresiasi. Namun bentuknya bukan uang tunai. Tepatnya dalam bentuk beasiswa,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) Subagja Suihan menyatakan bahwa berdirinya lembaga ini adalah ingin menyetak sebanyak-banyak pesepekbola tingkat usia dini, muda, dan pelajar.

“Prestasi SBAI ini adalah hasil dari komitmen kami di BLiSPI. Kami berharap out-put dari sebuah kompetisi adalah lahirnya pesepakbola masa depan yang menjanjikan,” kata pria yang juga selaku Penanggung jawab Liga Sepakbola Pelajar Piala Menpora 2017.

Diakui Subagja, Tim SBAI diperkuat sebanyak 23 pemain, termasuk pemain hasil binaan BLISPI yang diseleksi secara ketat dari Turnamen Piala Menpora U-14 tahun 2016. Para pemain merupakan gabungan anak didik SSB/Akademi yang ada di Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Lampung.

"Beberapa pemain hasil seleksi Piala Menpora U-14, seperti Dwi Arya, Syukran, Rabani Tain Sidiq dan beberapa yang lain. Mereka ini sudah ditempa dalam pemusatan latihan sejak Desember 2016. "Lokasi TC berpindah-pindah, mulai Jakarta, Bandung, dan terakhir di Puspitek Serpong. Raihan juara ini bukti Pembinaan yang berjenjang dan berkelanjutan,” ujar Bapak Angkat Firman Utina dan Eggy Maulana itu.

Sementara itu menurut Dany Ciko selaku menejer tim menegaskan Indonesia selain meraih tropi juara. Juga berhasil membawa pulang dua piala dari Syarif Hidayatullah sebagai pemain terbaik dan M. Rafi Dwi Cahyo sebagai kiper terbaik turnamen kelas B03.

“Barcelona Football Festival juga menjadi ajang pencarian bakat klub klub elit didunia. Panitia pelaksana turnamen sendiri juga membentuk tim pemandu bakat yang akan dimasukkan dalam Barca Cup,” kata Dany.

Dany menambahkan para pemain yang masuk talent scouting dari tim Barca Cup akan dipanggi untuk mengikuti seleksi di Barcelona. Jika lolos, mereka masuk program beasiswa ESP (Entry Soccer Professional). Semoga saja ada anak didik kami yang lolos," tegas Dany. Menurut Dany ada sekitar empat pemain kita yang masuk dalam nominasi.

Perjalanan Indonesia menuju tangga juara adalah di laga pertama berhasil mengalahkan wakil Inggris 6-0. Di pertandingan kedua berhasil menahan imbang Aviron Bayonnais FC (Prancis). Selanjutnya di babak akhir penyisihan Grub C Indonesia melumat wakil Irlandia 9-0.

Di perempat final, SBAI Garuda Jaya bertemu runner-up Grup D, Sale United FC. Wakil Inggris itu dilibas 5-0. Selanjutnya di semifinal, SBAI Garuda Jaya berjuang keras menaklukkan Aviron Bayonnais FC. Duel sesama tim agresif ini diakui pelatih Rusmansebagai pertandingan terberat yang dijalani SBAI Garuda Jaya. Namun, berkat determinasi tinggi, wakil Prancis itu mampu ditekuk dengan skor tipis 1-0. Di Final SBAI Garuda Jayabersua wakil Irlandia lainnya, Palmerstown FC, pada Minggu (28/5/2017). Di laga final, Andrian Rusdianto jadi pencetak gol tunggal yang akhirnya membawa SBAI Garuda Jaya menjuarai turnamen usia muda yang bergengsi ini. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...