Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Produk LSP Berkibar di Timnas U-16

Rabu, 21 Juni 2017

Share this history on :
SUKSES Timnas U-16 menjuarai turnamen Thien Phong Cup 2017 di Vietnam 14-18 Juni lalu. Setelah menyikirkan tiga peserta lainnya yakni Vietnam, Myanmar, dan China Taipe. Tidak terlepas dari kontribusi produk dari Liga Sepakbola Pelajar (LSP) Piala Menpora 2016 lalu. Dari 20 pemain sebagian besar adalah materi dari LSP sebut misalnya Ahluzd Dzikri Fikri (Jabar), Mifthakul Septa Anjar Pradika (Jateng), Kartika Vedyanto Putra (Jateng), Yadi Mulyadi (Jabar), Sakra Yatul Fajra (Jabar). Si kembar dari Jateng Amirudin Bagas Kaffa Arrizqi dan Amirudin Bagus Kahfi Alfikri, serta Hamsa Lestaluhu (DKI Jakarta). Mereka ini adalah hasil seleksi di Subang, Jabar pada akhir Februari lalu yang dipantau langsung Fachri Husaini.

Dalam turnamen ini Indonesia meraih empat gelar sekaligus. Selain keluar sebagai juara juga dinobatkan sebagai Fair Play Award. Dua gelar lain yang tidak kalah gengsinya adalah Top Scorer atas nama Rendi Juliansyah dengan 7 gol. Sedangkan pemain terbaik LSP Piala Menpora 2016 yakni Hamsa Lestaluhu karirnya kian bersinar. Sebab Hamsa dinobatkan menjadi Best Player.

Hasil ini mendapat respon positif oleh Penanggung Jawab pelaksana LSP Piala Menpora Subagja Suihan. Subagja menyatakan bangga dan gembira bahwa hasil dari kompetisi LSP bisa melahirkan pemain berbakat dan punya masa depan yang panjang. Kontribusi mereka bagi timnas U-16 yang turut menyumbangkan empat gelar sekaligus, patut kita apresiasi.

"Meski hanya gelar dari turnamen tidak resmi di luar kalender FIFA. Namun setidaknya dahaga gelar bisa terobati dengan prestasi anak asuh Fachri Husaini ini. Mereka patut kita apresiasi," kata Subagja yang juga selaku Ketua Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI).
Bapak angkat pemain timnas Firman Utina ini lebih lanjutnya menjelaskan bergulirnya LSP Piala Menpora adalah menyetak sebanyak-banyaknya pemain usia muda dan pelajar. Tidak soal bagi kami, apakah mereka tergabung di Tim Pelajar atau Timnas U-16. "Rasanya kerja keras kami selama tiga tahun mendirikan LSP tidak sia-sia. Jebolan dari LSP turut mengangkat nama bangsa ini, walau masih tingkat usia muda, tambah pendiri LSP Piala Menpora ini.

Saat ini selain ada Timnas U-16 besutan Fachri Husaini, Indonesia juga punya tim tangguh lain yakni Timnas Pelajar U-15 binaan Kemenpora dan BLiSPI. Timnas Pelajar ini dipersiapakan mengikuti ajang. Gothia Cup di Tiongkok pertengahan Agustus mendatang. Tim ini ditukangi Encang Ibrahim dan Aples Gideon Tecuari. Dari enam laga ujicoba tim pelajar ini hanya mengalami satu kekalahan yakni saat bersua saudara tuanya Timnas U-16. Sedangkan lima pertandingan berikutnya menyapu bersih kemenangan secara beruntun. Terakhir melibas habis Timnas U-16 Singapura 12-0 yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jabar, pada 10 Mei lalu. Sedangkan Timnas U-16 hanya mampu menang 4-0 dari Timnas U-16 Singapura dua hari sebelumnya. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...