Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Sumut-Aceh Calonkan Diri Tuan Rumah Bersama di PON 2024

Selasa, 13 Juni 2017

Share this history on :
DUA Provinsi asal Sumatera yakni, Sumatera Utara (Sumut) dan Nanggroe Aceh Darussalam resmi mendeklarasikan rencana pencalonan mereka menjadi tuan rumah bersama untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Kedua daerah ini mengikrarkan seusai mengadakan pertemuan di Gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

"Kami (Sumut dan Aceh) merapat dan berdiskusi, khususnya dalam mencari latar belakang terkait kesamaan pandangan untuk memajukan olahraga Indonesia," ujar Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis.

"Maka dari itu, Sumut dan Aceh mendeklarasikan pencalonan tuan rumah PON ke-21 tahun 2024. Kami juga sudah menyampaikan asipirasi masyarakat Sumut dan Aceh kepada Ketua Umum KONI Pusat untuk mendapatkan dukungan," tegas Jhon.

Rencana pencalonan tuan rumah bersama merupakan hal baru dalam sejarah PON. Sebelumnya, PON selalu diselenggarakan oleh satu provinsi saja. Menurut Jhon, ide tersebut muncul karena didasari dari jumlah cabang olahraga PON yang kini mencapai 53.

Oleh karena itulah, Sumut dan Aceh menjalin kerja sama agar beban penyelenggaraan PON 2024 tidak terlalu berat. "Kami sudah melakukan sejumlah pertemuan dan koordinasi. Hasilnya, kami sepakat untuk menyelenggarakannya. Gubernur Sumut juga sudah mendukung dan akan berjuang untuk PON 2024," kata Jhon.

Hal senada juga dinyatakan Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abu Bakar. Ia mengaku optimistis dengan rencana pencalonan tuan rumah bersama. "Kami berdoa agar keinginan Sumut dan Aceh untuk menjadi tuan rumah bersama PON bisa terwujud," ucap Abu Bakar.

Kedua daerah ini akan melakukan sosialisasi guna menjadi dekungan. Untuk memuluskan proses pencalonan, KONI Sumut dan Aceh akan melakukan safari ke berbagai daerah untuk mempromosikan rencana mereka demi menjadi tuan rumah bersama PON 2024. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...