Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Susi Pembawa Api Obor AG dari India

Jumat, 13 Juli 2018

Share this history on :
LEGENDARIS bulutangkis Indonesia Susi Susanti mendapat kepercayaan membawa api obor Asian Games dari New Delhi India pada tanggal 15 Juli mendatang. Seperti diketahui New Delhi India adalah penyelenggara Asian Games pertama tahun 1951.

Di New Delhi, India nanti akan terjadi proses arak-arakan sepanjang lima kilometer dengan melibatkan para mantan atlet kondang India seperti pelari putri PT Usha. PT Usha adalah perain 3 medal emas Asian Games 1982 yang juga berlangsung di New Delhi, India.

Usai itu, obor api akan diserahkan oleh Presiden IOA (NOC) kepada Presiden INASGOC, Erick Thohir sebagai penyelenggara Asian Games 2018. Dari New Delhi India, obor api Asian Games akan diterbangkan ke Indonesia dan diperkirakan tiba di Bandara Internasional Adi Sucipto, Yogyakarta, 17 Juli.

Sementara di DIY Yogaykarta obor Asian Games akan dibawa ke Mrapen Solo, Jateng tempat pengambilan api abadi yang nantinya akan diarak keliling ke 85 kota dari 18 Provinsi di Indonesia.

Menurut Erick Thohir, Wapres Jusuf Kalla yang didampingi sejumlah pejabat diantaranya Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi akan menyambut langsung kedatangkan obor api Asian Games tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa sudah tercatat sekitar 60 mantan atlet nasional ikut meramaikan proses pengambilan api abadi di Mrapen. Para mantan atlet nasional yang sudah konfirmasi hadir adalah Yayuk Basuki, Lanny Kaligis, Lita Sugiarto, Suharyadi, Yustedjo Tarik, Atet Wiyono (tenis), Tan Joe Hok, Rudy Hartono, Liem Swie King, Verawati Fajrin, Ivana Lie (bulutangkis), Wiem Gomies, La Paene Massara (tinju), dan Kristiono Sumono (renang).

”Prinsipnya kita melibatkan semua mantan atlet nasional baik yang ada di Jakarta maupun luar Jakarta. Selain itu, para mantan atlet daerah pun juga dilibatkan. Ini salah satu upaya kita untuk menjadikan Asian Games 2018 ini sebagai kebanggaan bangsa,”kata Erick.

Selain melalaui tempat-tempat wisata, obor api Asian Games ini juga akan melewati sejumlah tempat bersejarah seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur dan lain-lannya.Obor api Asian Games ini pada 17 Agustus sudah memasuki Jakarta dan akan diterima Presiden Joko Widodo pada saat penurunan bendera di Istana Negara.

Sementara di Istana Negara, semua peserta yang ikut pawai obor Asian Games mengenakan seragam berwarna merah putih. Keesokan harinya obor api Asian Games akan keliling kota Jakarta sampai memasuki Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta sebelum dinyalakan di kaldron menandai pesta olahraga empat tahunan se-Asia itu resmi dimulai. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...