Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Remis Babak Keempat Medina Menangkan Dwi Tarung

Sabtu, 17 November 2018

Share this history on :
WGM Medina Warda Aulia memastikan tampil sebagai pemenang pada Dwi Tarung Japfa Chess Festival 2018 setelah bermain remis di babak keempat melawan WGM Janelle Mae Frana dari Filipina, Jumat (16/11) petang, di Wisma Kemenpora Senayan, Jakarta.

Seharusnya, Medina yang berpeluang besar meraih kemenangan, terpaksa merelakan hanya mendapat tambahan 0,5 poin setelah dipaksa bermain remis pada langkah ke-42.

“Saya sangat menyesal dan kecewa sekali. Seharusnya saya bisa memenangkan pertandingan. Saya blunder di langkah ke-25,” ujar Medina usai pertandingan.

Dengan tambahan 0,5 poin, Medina kini mengumpulkan 3 poin, sementara Mae Frana baru mendapat 1 poin. “Dengan posisi ini, memang saya sudah pasti juara, besok saya main lepas. Setidaknya remis, jangan sampai kalah,” tegasnya.

Menurut Medina, Mae Frana yang dibabak keempat memainkan bidak putih dan memulai permainan dengan pembukaan Inggris, sempat tertinggal kualitasnya. Namun karena terlena karena unggul kualitas dan posisi, Medina jadi tertekan.

“Saat unggul, saya jadi terlena. Ketika Mae Frana menekan, saya sempat tegang dan akhirnya pertandingan berakhir remis.”

Dwi Tarung antara Media vs Mae Frana berlangsung sebanyak 5 babak. Sabtu (17/11) merupakan hari terakhir Japfa Chess Festival 2018 yang mempertandingkan 12 nomor.

Ratusan pecatur yang berasal dari 18 provinsi dan lima negara ini memperebutkan hadiah Rp162 juta, plus 1.600 dolar AS.

Sebelum laga Dwi Tarung antara Medina vs Mae Frana dilangsungkan 13-17 November, Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto sudah meramalkan Medina bakal memenangkan pertandingan.

“Perlu dipahami bahwa bagi pecatur, Elo rating bukan jaminan seorang pecatur bisa mengalahkan lawannya. Namun untuk Medina yang elo ratingnya lebih tinggi (2404) dari Mae Frana (2247), saya yakin dia bakal mengalahkan lawannya,” terang Utut. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...