Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Percha, Putri Gubernur Sumsel Siap Pimpin Boling

Jumat, 07 Desember 2018

Share this history on :
PUTRI Gubernur Sumsel, Hj. Percha Leanpuri, percaya diri menuju pencalonan dirinya sebagai  Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI) dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar Jumat (7/12), di Hotel Ambhara, Jakarta. Pasalnya ia didukung 10 pengprov dari 16 pengprov yang aktif. Itu artinya 60 persen suara sudah dikantonginya.

Percha menegaskan pencalonan dirinya menjadi Ketua Umum PB.PBI periode 2018-2020 itu dilandasi oleh suatu keinginan kuat untuk membawa boling Indonesia berprestasi dunia.

”Sejujur saya memang orang baru di olahraga khususnya boling. Namun saya punya komitmen kuat untuk membawa olahraga ini ke arah prestasi lebih baik dari sebelumnya. Memang bukan perkara mudah untuk meraih prestasi tinggi di level dunia. Namun saya yakin potensi boling Indonesia menembus prestasi dunia sangat besar,”kata Percha yang didampingi perwakilan Pengprov PBI Sumsel, Sulut dan Riau itu.

Menurutnya untuk maju sebagai kandidat Ketua Umum PBI dalam Munas 2018 ini didasari adanya dukungan 60 persen suara dari 16 Pengprov (Pengurus Provinsi) PBI yang ada.

Percha juga yakin pendukungnya  solid hingga dapat menang di Munas nanti.” Insha Allah saya akan terpilih dan siap mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya,” kata Percha sembari menambahkan bahwa akan memberdayakan daerah-daerah.

Masih menurut Wanita kelahiran Belitang 24 Juni 1986 dan lulusan Victoria University Malaysia ini, jika terpilih memimpin PB PBI langsung akan menggebrak untuk menggelar Kejuaraan Dunia Boling di Sumsel tahun depan.

“Saya juga akan berusaha agar boling dapat lebih berkembang di Tanah Air. Saya berencana akan mengelar program Boling Go To School supaya olahraga ini dapat menyentuh masyarakat lebih luas,” tambah wanita cantik, muda dan enerjik ini.

Terkait pengembangan olahraga boling secara nasional, menurut dia memang tak semudah cabang olahraga lain seperti sepak bola dan bulu tangkis. Kedua cabang olahraga itu sangat mudah membangun lapangan. Lain halnya dengan boling yang memang terkesan ekslusif.

Percha berjanji akan mendata kembali Pengprov PBI yang memiliki lintasan boling. Ia akan mendorong Pemerintah Provinsi untuk bisa membangun boling center. Polanya bisa kerja sama dengan mall-mall di tengah perkotaan.

”Saat ini kalau mau jujur bahwa jumlah lintasan boling di Indonesia bisa dihitung dengan jari. Padahal banyak anak-anak muda kita punya minaa bermain boling. Jadi tak hanya sepak bola atau bulu tangkis saja,”paparnya.

Dalam kesempatan itu, Percha menjelaskan bahwah dalam pengembangan boling ini akan mensasar kaum generasi mileniel. Olahraga boling punya fashion yang bisa menarik minat anak-anak muda jaman now.

Menyinggung soal prestasi, Percha mengatakan jika terpilih menjadi Ketua Umum PBI, sudah pasti akan meningkatkan pembinaan.”Malu dong jika menjadi Ketua Umum PBI, prestasi justru melorot,”tandasnya.

Pada tahun 2019, boling akan dihadapkan dengan SEA Games di Filipina yang dikenal gudangnya peboling-peboling berprestasi dunia. Yang pasti boling Indonesia harus lebih baik dibanding SEA Games sebelumnya di Kuala Lumpur, Malaysia 2017 yang mampu mendulang 2 medali emas.

Memang di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, prestasi tim boling Indonesia kurang menggembirakan. Tanpa medali apa pun padahal di Asian Games 2006, Doha, Qatar, tim boling Indonesia sukses merebut 1 medali emas dan 1 perak.

Selain itu prestasi boling Indonesia di tingkat kejuaraan dunia cukup membanggakan. Terakhir pekan lalu mampu merebu medali perak di Kejuaraan Dunia yang berlangsung di Hongkong.

Sementara itu Ketua Pengprov PBI Sulut, Jimmy Senduk mengatakan, alasan daerah mengusung nama Percha sebagai calon Ketua Umum PBI periode empat tahun ke depan karena masih muda, enejik dan punya komitmen tinggi.

”Jadi kami dari daerah juga tak sembarang mengusung calon karena ini menyangkut masa depan boling Indonesia. Kami yakin dan optimis di bawah kepemimpinan Ibu Percha, boling Indonesia bisa bangkit terutama mengembalikan tradisi medal emas Asian Games,”ujar pria asal Kawanua ini.

Menurut Jimmy, sosok Percha sangat cocok memimpin boling Indonesia apalagi di era milenial ini, olahraga boling harus banyak diperkenalkan. Munas PBI menurut rencana akan dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum IV KONI Pusat Surya Dharma bertempat di Hotel Ambara di Kawasan Blok M, Jakarta, Jumat (7-12-2018). Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...