Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Liga Sepakbola Karyawan, Gala Karya Kembali Digulirkan

Selasa, 26 Maret 2019

Share this history on :
SETELAH vakum selama 29 tahun. Kini kompetisi Gala Karya (LIGA SEPAKBOLA KARYAWAN) kembali digelar. Even ini adalah wadah bagi para pesepakbola Indonesia yang berstatus karyawan baik swasta maupun BUMN/BUMD, dan tidak bermain di klub. Namun bakat mereka bisa tersalurkan lewat event Gala Karya ini. Terakhir even ini digelar pada 1990 di Surabaya (Jatim). Adapun pemenangnya adalah Tim PLN Pusat.

Menurut Direktur Turnamen Gala Karya M Jaelani Sahputra bahwa even ini sudah ada sejak tahun 1976 di Jakarta dibawah Lembaga PERSAPJA (Persatuan Sepakbola Antar Perusahaan Jakarta). Turnamen ini pesertanya hanya se-Jakarta.

Jaelani menambahkan untuk tingkat nasional even pertama kali digelar pada 1981 di Jakarta. Adapun keluar sebagai juara adalah Dolog Jawa Timur di final mengalahkan BNI 1946 dari Bandung dengan skor 2-0.

"Kompetisi sempat terhenti kembali selama tujuh tajun. Lalu Gala Karya berganti label menjadi ANTAR INSTANSI/PERUSAHAAN. Even ini pertama kali digelar tahun 1988. Itupun even hanya berlangsung selama tiga tahun (1988-1990)," jelas Jaelani yang juga Esco Asprov DKI Jakarta itu kepada wartawan.

Masih menurut pria yang aktif membina sepakbola segala level itu, bahwa setelah kurun waktu sekitar 29 Tahun, kompetisi terhenti. Kini melalui Yayasan GALA KARYA INDONESIA yang secara legal diaktekan oleh Notaris No. 08 tanggal 20 Februari 2019 dan KEP. MENKUMHAM RI. No. AHU. 0003197. AH.01.04.2019. Serta telah mendaptakn Surat Rekomnedasi dari KEMENPORA RI selaku Pelaksana Teknis Olahraga di Indonesia dan Surat Rekomendasi dari Federasi yaitu PSSI.

"Untuk Tahun ini Gala Karya akan digiatkan kembali dalam rangka membudayakan sepakbola bola dilingkungan karyawan, juga sebagai wadah atlet-atlet sepakbola untuk berprestasi yang aktif di Instansi Pemerintah, Perusahaan Swasta, BUMN ataupun BUMD," jelas sang kreator sepakbola ini.

Dengan regulasi adalah para peserta akan bertanding di tingkat provinsi dan akan memperebutkan wakil wilayahnya. Dan selanjutan akan bertanding di zona regional (SUMATERA.1, SUMATERA.2, JAWA, BALI (Lombok,NTT,NTB), SULAWESI.1, SULAWESI.2, KALIMANTAN, MALUKU ( Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat). bertanding dengan sistim setengah kompetisi. 

Tim juara dari babak regional akan bertanding di babak 8 besar nasional yang selanjutnya ke babak semi final dan babak final. Babak 8 besar dan Babak Final Nasional akan di gelar bulan September 2019 di Stadion Batakan, Kota balikpapan - Kalimantan Timur. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...