Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Persambi Siap Berkontribusi di SG 2019

Senin, 17 Juni 2019

Share this history on :
KETUA Umum KONI Pusat Tono Suratman menyatakan, Persambi sebagai organisasi cabor baru dan anggota KONI Pusat harus mampu mengambil peran penting dalam pembangunan olahraga prestasi nasional.

”Dengan Filiosofi olahraga membangun karakter bangsa juga harus dimaknasi secara nyata oleh Persambi, karena olahraga itu tak hanya mengejar prestasi juga membentuk manusia yang berkepribadian kuat,” kata Tono Suratman usai melantik Pengurus Persambi di Lantai 12 Kantor KONI Pusat Gedung Pusat Pengelola Gelora Bung Karno (PPGBK) Senayan Jakarta, Senin, (17/6).

Kendati baru beberapa tahun berkembang di Indonesia dan secara organisatoris diakui KONI Pusat, cabang olahraga beladiri sambo yang bernaung di bawah bendera Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) menatap penuh optimisme.

Persambi optimis cabang olahraga beladiri sambo mampu mensejajarkan diri dengan cabang olahraga beladiri lainnya yang sudah lama berkembang di Indonesia seperti judo, karate, taekwondo, gulat dan wushu.

Hal itu, ditegaskan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP.PERSAMBI) Krishna Bayu kepada wartawan di sela-sela acara pelantikan.

Krishna Bayu yang juga mantan atlet judo terbaik Indonesia itu kemudian menyebut dua tahapan awal sudah dilakukan. Pertama memperjuangkan sambo masuk anggota resmi KONI Pusat dan kedua pelantikan atau pengukuhan Persambi.

Menurut legenda judo Indonesia ini, bahwa paling tidak dengan masuk menjadi anggota KONI Pusat, sambo sudah bisa melangkah dengan penuh optimisme. "Kami memang siap bekerja keras agar cabang olahraga sambo mampu bersaing dengan cabang olahraga beladiri lainnya baik dalam meraih prestasi maupun untuk mendapatkan calon atlet andal,”kata Bayu yang pernah membela Indonesia di ajang SEA Games selama lima kali.

Masih menurut pria yang juga sebagai salah satu anggota Komite Eksekutif (KE) KOI ini mengakui untuk pengembangan sambo memang tak mudah membalikkan telapak tangan. Namun Persambi seperti kata Bayu, akan memberdayakan daerah karena ujung tombak pembinaan ada di daerah.

”Tulang punggung kita adalah Pengprov, sehingga untuk sosialisasi sudah pasti akan melibatkan para Pengprov yang nota bene punya jangkauan ke Kabupaten/Kota hingga ke bawahnya. Pola sosialisasi selain melalui sekolah-sekolah juga instansi baik pemerintah maupun milter,”katanya.

Sudah dipastikan bahwa Sambo masuk salah satu cabang olahraga yang dimainkan di SEA Games 2019 Filipina. Meski tak masuk dalam kategori cluster pertama untuk persiapan pelatnas, Persambi tetap akan memaksimalkan kemampuan atlet yang akan diterjunkan di SEA Games 2019.

”Kami ingin memberikan kontribusi medali bagi kontingen Indonesia. Kami tak ingin janji muluk-muluk, namun kami juga tak hanya sekedar berpartisipasi di pesta olahraga antarbangsa se-Asia Tenggara ini,” jelas ayah empat anak itu. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...