Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Raih 1 Perak, Persambi Kian Optimis Menatap Masa Depan

Rabu, 11 November 2020

Share this history on :


Keterangan foto:Desiana peraih medali perak di kejuaraan dunia diapit pelatih Arnold Silalahi dan Sekjen PB Persambi Sukma Every Lisa serta wasit internasionl Maria Stella Rosario.

Torehan satu medali perak di Kejuaraan Dunia Remaja & Junior yang berlangsung 4-9 Nopember 2020 di Novi Sad, Serbia. Adalah atlet Sambo putri Indonesia Desiana Safitri sukses menyabet medali perak kelas 48 kg. 

Kendati persiapan hanya 40 hari menghadapi event tersebut. Namun Desiana yang masih berusia 18 tahun itu bisa merebut medali perak. Pasalnya selain persiapannya sangat mepet, lawan yang dihadapinya di kejuaraan dunia melibatkan  30 negara itu adalah para atlet kelas dunia.

Di babak pertama Desiana, mendapat bye, langsung melaju ke semifinal menghadapi lawan dari Ukraina, Marta Chaplispka dan menang dengan skor 10-4. Di babak final, atlet asal Karawang, Jabar ini harus mengakui keunggulan Musharraf Ibodullave dari Uzbekistan dengan skor 0-2.

Dengan tingkat persaingan ketat menghadapi lawan yang jauh berpengalaman, apa yang dihasilkan Desiana sudah merupakan kejutan. Target awalnya Desiana hanya menimba pengalaman. Namun Desiana sendiri mengaku belum puas karena tekadnya ingin mengibarkan bendera Merah Putih di Kejuaraan Dunia itu.

”Sejujurnya saya inginnya mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di podium utama. Tapi Saya harus tetap mensyukuri hasil ini dan menjadi motivasi untuk berlatih lebih keras lagi ke depan,”kata peraih medali emas SEA Games 2019 Filipina ini.

Setelah menyabet perak di Novi Sad, Desiana oleh Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP.Persambi) dipersiapkan menghadapi Kejuaraan Sambo Asia 2021 yang digelar Agustus di Bali. Potensinya untuk bisa menembus prestasi dunia di tingkat kejuaraan dunia senior terbuka lebar.

"Torehan satu perak dari satu atlet yang kita berangkatkan di Kejuaraan Dunia ini. Membuat kami kian optimis bahwa olahraga beladiri ini bakal berkembang di tanah air. Dan melahirkan prestasi tingkat dunia," kata Sekjen PB Persambi Sukma Every Lisa kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

"Kami akan mempersiapkan Desiana, untuk kejuaraan Asia di Bali nanti. Sebab dia adalah peraih emas di Kejuaraan Asia di India 2019 lalu. Disamping beberapa atlet lainnya baik di sektor senior, junior, dan youth," tandas Sukma.

Waktu delapan bulan, kata Sukma memang masih cukup panjang. Jadi kami bener bener mempersiapkan atlet semaksimal mungkin, guna mencapai target tiga besar, apalagi kita bertindak sebagai tuan rumah kejuaraan Asia 2021 mendatang. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...