Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Erick Thohir: BUMN Siap Dukung Olahraga Indonesia

Rabu, 24 Maret 2021

Share this history on :


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  Indonesia Erick Thohir menegaskan komitmen kementerian yang dimpimpinnya dalam membantu pengembangan olahraga di Tanah Air. Bantuan ini, kata dia, merupakan bagian dari peran strategis BUMN sebagai agen pembangunan Indonesia.

Olahraga merupakan salah satu aspek kehidupan yang memberikan dampak langsung secara luas, sudah tentu menjadi perhatian dari BUMN, kata Erick dalam pemaparan yang disampaikannya dalam Seminar Olahraga Nasional bertajuk Kiprah BUMN Menuju Sukses Prestasi, Sport Tourism dan Tuan Rumah Olimpiade 2032 di Hotel Pulmann, Jakarta, Selasa (24/3).

Akhir 2020, Kementerian BUMN sudah memberikan penugasan kepada beberapa BUMN untuk membantu perkembangan dan pergelaran ajang olahraga prestasi di Indonesia. Pada ajang Piala Dunia U-20, Kementerian BUM menginstruksikan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk terjun langsung memberikan dukungan. Kemudian Pertamina ditugaskan berkontribusi di pentas MotoGP Mandalika.

Di pentas Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, BUMN di industri telekomunikasi, Telkom menjadi penanggung jawab. Hal itu sekaligus mendorong agar digitalisasi mencapai bagian timur Indonesia.

Sedangkan Bank Mandiri bertugas menyukseskan event Kejuaraan Bolabasket Asia (FIBA Asia) 2021 yang merupakan pentas menuju Piala Dunia Bola Basket (FIBA World Basketball Championship 2023).

Khusus untuk cabang kebanggaan kita karena prestasi dunia, bulutangkis tanggung jawab diberikan kepada Bank BNI, kata Erick.
Begitu pula dengan PON Papua. Meski waktu penyelenggarana diundur ke tahun 2021, namun komitmen BUMN tetap berjalan. Setidaknya, menurut Erick, ada 13 perusahaan BUMN terlibat mendukung penyelenggaraan PON untuk bidang Kelistrikan (PLN), Jaringan & Telekomunikasi (PT Telkom), Kebandarudaraan (Angkasa Pura I), Kepelabuhan (Pelindo IV), Sponsorship (BRI), Transportasi (Perum Damri, Pelni, PT Pos Indonesia), Infrastruktur (PP), dan Logistik (PT Bhanda Ghara Reksa/BGR).

Di samping mempersiapkan infrastuktur yang dibutuhkan, alokasi pendanaan juga diberikan oleh perusahaan BUMN untuk sektor yang tidak mendapat anggaran dari pemerintah daerah sebagai penyelenggara. Misalnya, Pelindo IV memberikan pembiayaan Rp 13 Miliar dari investasinya, lalu PLN membangun jaringan distribusi, Unit Gardu Mobile, UPS Mobile, dan Genset yang bernilai Rp 246 Miliar. Bahkan pembangunan Pembangunan Stadion Utama Provinsi Papua yang bernilai Rp 1,3 Triliun dan Istora PON Papua 2020 senilai Rp 278 Miliar juga didukung oleh PP.

Hal yang saya ungkap untuk menunjukkan bahwa BUMN memiliki kepedulian tinggi terhadap pembangunan olahraga nasional. Membangun nilai ekonomi dan sosial, dengan olahraga menjadi bagian di dalamnya, menjadi prioritas pertama dari Lima Prioritas Kementerian BUMN. Olahraga yang merupakan elemen penting dalam membangun bangsa bagi Kementerian BUMN masuk dalam klasifikasi Proyek Strategis, sehingga tanggung jawab BUMN besar terhadap olahraga, papar Erick.

Kebijakan Kementerian BUMN terhadap olahraga sebagai Proyek Strategis mendorong agar setiap perusahaan BUMN tetap bertanggung jawab mendukung olahraga melalui pembiayaan Public Service Obligation (PSO) melalui formalisasi pembiayaan pemerintah. Hal ini bertujuan agar kedua entitas, baik perusahaan BUMN dan olahraga nasional, bisa saling berkolaborasi dan sinergi dalam mencapai tujuan.

Sementara di bidang Sport Tourism, perhatian BUMN juga besar. Sebab event olahraga yang dikemas dengan pariwisata berkembang pesat, terutama sejak 2019. Erick mencatat ada 15 event olahraga yang diikuti oleh atlet profesional dan nasional, antara lain Krui World Surfing League di Lampung, Tour de Linggarjati, Bintan Triathlon, dan banyak lagi.

“Terkait sport tourism, BUMN mendukung wisata kebugaran yang merupakan bagian dari sport tourism, kata Erick. Apalagi, kata dia, data dari sebuah konsultan olahraga menyebutkan bisnis ekonomi kesehatan global berada di kisaran 2 triliun dolar AS. Ia ingin BUMN ambil bagian dalam hal itu.

Erick berharap pandemi Covid-19 segera berakhir agar perhatian kepada aspek olahraga bisa lebih besar. Sebab, saat ini fokus pemerintah dan Kementerian BUMN adalah memerangi Covid-19, antara lain melalui vaksinasi dan kampanye hidup sehat.
Diharapkan ini mendapat respons positif dari masyarakat sehingga semua rencana kita untuk membangun kembali ekonomi dan kehidupan sosial, dengan olahraga memegang peran penting di dalamnya, bisa terwujud. Sebab kemajuan olahraga adalah indikator kemajuan bangsa, kata Erick.

Dalam kesempatan sama Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal Sembiring Depari menanggapi pemaparan Menteri BUMN dengan menyoroti target Indonesia pada Olimpiade 2032. Menurut Atal yang juga pernah memimpin Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Pusat, harus ada dukungan penuh untuk olahraga.

Ia berharap, latar belakang Erick yang merupakan mantan Ketua PP Perbasi dan Ketua KOI bisa berperan besar untuk ini.  Sebab, kata Atal, Erick tahu persis kebutuhan olahraga Tanah Air.

"Erick bisa membuat kalibrasi seberapa besar BUMN bisa mendukung olahraga Indonesia. Harapan saya BUMN turun gunung mendukung dengan terstruktur, tidak tentatif sebelumnya," kata Atal.

Sementara Ketua Siwo Pusat Gungde Ariwangsa mengatakan, Erick tentu mengetahui kebutuhan pembiayaan olahraga bahwa pembinaan tak bisa instan, butuh perencanaan panjang. Sehingga, ia berharap dukungan BUMN tak cukup 4 tahun, tapi minimal 8 tahun.

"Bantuan tidak bisa diberikan sama rata, harus dilihat usaha dari cabang itu sendiri. Jangan sampai dana itu hanya untuk belas kasihan, tapi disalurkan secara profesional dan berdasarkan prestasi," kata Ariwangsa sambil merujuk model pembiayaan olahraga di Korea Selatan dan Jepang yang didukung oleh perusahaan-perusahaan lokal setempat.

Sementara Ketua SIWO PWI Lampung Edi Purwanto berharap BUMN memberikan dukungan kepada Sport Tourism di Lampung dengan membenahi infrastruktur untuk penyelenggaraan Krui World Surfing League yang sudah dua kali digelar.

Ia mengatakan, pemerintah setempat sudah memberikan komitmen besar, tapi ada kendala di infrastruktur. Dari Bandar Lampung ke Pesisir Barat sekitar 5-6 jam jarak tempuh. Hotel, penginapan, dan banyak infrastruktur di Pantai Tanjung Setia tempat penyelenggaraan event itu dibangun ala kadarnya, kata Don Peci, sapaan akrabnya.

"Ia berharap Erick bersama sejumlah petinggi BUMN bisa menyambangi Lampung Barat agar bisa menjadikan Krui kiblat surfing dunia. Menurut dia, kekayaan alam Indonesia yang luar biasa sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Sulit kalau tidak dibantu oleh pusat, cuma mengandalkan pemerintah daerah,"kata dia.

Sementara Humas Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Agus Susanto menyatakan, sudah mulai terjalin komunikasi antara Ketua Umum PRSI Anindya Bakrie dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terkait pengembangan sport tourism dengan olahraga renang.

Adapun peran BUMN termasuk kementerian lain sudah mulai masuk ke olahraga renang, terutama untuk renang perairan terbuka yang mengusung sport tourism.  Untuk renang, Agus memaparkan kebutuhan peralatan renang celana saja bisa mencapai Rp 10 juta per atlet. Agus menilai BUMN bisa memberikan dukungan dengan membantu penyelenggaraan kejuaraan.

“Saya garis bawahi kompetisi adalah salah satu sarana untuk bisa meningkatkan kemampuan atlet. Jika sebuah kejuaran terus ada dan didukung oleh BUMN, itu sudah bahagia sekali. Karena visi ketum PRSI saat ini salah satunya membina atlet usia 10-12 tahun untuk persiapan Olimpiade 2032, kata  dia.

Terakhir, Ketua Siwo PWI Jawa Timur (Jatim) Erwin Muhammad menyampaikan, di daerahnya BUMN dan BUMD sangat mendukung penuh olahraga. Ia memperkirakan sekitar 70 persen direksi BUMN dan BUMN turun  langsung di pembinaan olahraga Jatim. Pertamina, Pelindo, dan Petrokimia merupakan tiga perusahaan yang banyak memberikan dukungan.

Menurut Erwin, dukungan BUMN dan BUMD di saerahnya sudah maksimal, tapi belum sampai ke tahap ideal. Ia memberikan masukan agar BUMN fokus memberikan dukungan ke salah satu olahraga agar bisa berprestasi. Ia memberikan contoh perusahaan rokok yang fokus ke bulu tangkis sejak pembibitan hingga masuk ke prestasi. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...