Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Tiga Menteri Jadi Narsum di Seminar SIWO PWI Pusat

Senin, 22 Maret 2021

Share this history on :


Seminar Olahraga Nasional yang digelar Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Pusat di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Rabu (24/3/2021). Acara ini bakal dihadiri Tiga Menteri Kabinet Indonesia  Maju pimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Selain ketiga menteri, akan tampil juga  Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Ketua Umum Komite Olimpiade atau National Olympic Committee (KOI/NOC) Indonesia dan Bupati Halmahera Selatan, Maluku Utara.

“Kami dari Siwo PWI Pusat merasa bangga atas kesediaan para nara sumber untuk tampil dalam seminar yang mengambil tema ‘Kiprah BUMN Menuju Sukses Prestasi, Sport Tourism & Tuan Rumah Olimpiade 2032’. Ini menunjukkan kepedulian dan kecintaan besar pada olahraga Indonesia yang menurut Presiden Jokowi  saat Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 perlu merombak sistem tata kelola pembinaan keolahragaan di Indonesia demi meningkatkan  prestasi dan mengantisipasi perkembangan zaman tentang  peran olahraga sebagai salah satu pendongkrak ekonomi nasional dengan mengembangkan sport tourism,” kata Ketua Siwo PWI Pusat AAGWA Ariwangsa, Senin (22/3/2021).

Pria asal Bali yang lebih akrab dipanggil Gungde Ariwangsa itu menjelaskan, para pembicara yang siap tampil, yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pemuda Dan Olahraga  Zainudin Amali, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Ketua KOI/NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan Bupati Halsel Usman Sidik. Seminar akan dibuka oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari sekaligus juga membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Siwo PWI yang akan berlangsung pada Rabu dan Kamis di tempat yang sama.

Menurut Gungde, Erick Thohir akan tampil sebagai keynote speaker. Materi dari menteri yang memiliki latar belakang olahraga sangat kuat itu sudah diterima oleh panitia pelaksana seminar. “Untuk sementara Pak Erick masih dijadwalkan tampil secara virtual mengingat kesibukan beliau yang luar biasa sebagai Menteri BUMN termasuk dalam melaksanakan program vaksinasi di seluruh Tanah Air. Namun melihat latar belakang dan kecintaan beliau pada olahraga, Siwo PWI Pusat masih sangat berharap Pak Erick bisa hadir langsung,” ucap Gungde.

Memberikan keterangan di Sekretariat Siwo PWI Pusat, Lt 8 Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Gungde mengungkapkan, Menparekraf Sandiaga Uno akan hadir langsung. Ini merupakan kejutan,  karena Sandiaga Uno juga pernah berkecimpung di dunia olahraga sebagai Ketua Umum PP PRSI (Pengurus Pusat Persatuan Renang Seluruh Indonesia).

Diharapkan hadir langsung juga Ketua Umum KONI Pusat dan Bupati Halsel yang akan memaparkan persiapan daerahnya menggelar event olahraga bergandengan dengan keindahan destinasi wisata di daerahnya.

Selain sebagai perwujudan dari imbauan Presiden Jokowi, seminar juga sangat tepat dalam kaitannya dengan kampanye Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Di sini dukungan BUMN dan sport tourism memiliki peranan penting untuk mengangkat keindahan alam dan budaya Indonesia melalui olahraga sehingga dukungan akan mengalir. Menpora tentu juga sudah memiliki program tentang kebijakan untuk sukses olahraga prestasi dan wisata olahraga. KONI Pusat bisa menampilkan perannya dalam mengangkat prestasi olahraga Indonesia untuk sukses prestasi di Olimpiade 2032. Sedang KOI sebagai leader kampanye olahraga Indonesia di forum internasional bisa menampilkan langkah yang telah dan akan dilaksanakan.

Pada bagian lain, seminar juga bisa memberikan masukan berkaitan dengan penyusunan Grand Design Olahraga Nasional serta rencana revisi Undang Undang Sistem Keolahragaan Nasional (UU SKN No 3 Tahun 2015).

“Di acara ini kita harapkan lahir usulan tentang peran perusahaan BUMN terhadap olahraga nasional yang sebelumnya sudah pernah terjalin mesra dengan program Bapak Angkat. Kami harapkan, peranan Pak Erick sebagai tokoh olahraga nasional dan internasional akan bisa memberikan peran BUMN dalam berkiprah di olahraga nasional,”  tandas Gungde. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...