Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Percasi Gelar Turnamen Catur Untuk Peringati Lahirnya Bapak Proklamator dan HUT PDIP

Sabtu, 05 Juni 2021

Share this history on :


Ditengah situasi pandemi covid-19 ini, tidak banyak cabang olahraga yang melakukan turnamen atau pertandingan. Salah satunya adalah cabor yang berani gelar event adalah PB Percasi (catur). Sistem pertandingannya tidak seperti biasanya yakni saling tatap muka. Namun dengan sistem daring.

Turnamen yang digelar berkaitan dengan  memperingati hari kelahiran Bapak Proklamator Republik Indonesia Bung Karno yang tepatnya jatuh pada 6 Juni sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan Ke-48.

Ketua Umum Pengprov Percasi Kalimantan Tengah H. Agustiar Sabran yang juga anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan, menggagas turnamen catur daring/online bertema “Bulan Bung Karno dan HUT PDIP Ke-48/2021” di platform catur daring yang sudah dikenal akrab oleh para pecatur Indonesia yaitu Lichess.Org.

“Kami menggagas turnamen catur online ini karena pertandingan catur daring semakin banyak diminati oleh para pecatur Indonesia terlebih di saat pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir,” kata H. Agustiar Sabran yang juga hobi bermain catur. 

Memang akhir-akhir ini pertandingan catur daring semakin booming di Indonesia, terutama sesudah  kejadian “Dewa Kipas” nama sebuah akun di platform catur daring yang berhasil mengalahkan pecatur dari Amerika Serikat. Tetapi akhirnya akun “Dewa Kipas” tersebut di banned permanen oleh platform catur daring Chess.Com, karena sesudah dianalisa diduga “Dewa Kipas” menggunakan bantuan program komputer saat bertanding. 

Hingga berita ini ditulis, peserta yang sudah mendaftar secara online di platform Lichess.Org berjumlah 774 orang.

“Diperkirakan sampai turnamen dimulai besok 6 Juni 2021 jam 14.00 WIB, peserta bisa di atas seribuan orang,” kata koordinator pelaksana Henry Hendratno yang juga Sekretaris Jenderal Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi).  

Format pertandingan yang digunakan pada turnamen catur daring “Bulan Bung Karno & HUT PDIP Ke-48/2021” adalah catur kilat 5 menit, yang mana pemain pemegang buah putih dan buah hitam masing-masing mendapat jatah waktu berpikir 5 menit.

Sistem pertandingan yang digunakan pada babak penyisihan adalah sistem Arena 120 menit, dimana selama 120 menit tersebut setiap pemain harus mengalahkan lawan sebanyak mungkin.

Semakin cepat mengalahkan lawan maka seorang pemain akan semakin cepat pula mengumpulkan angka/poin, sampai batas waktu 120 menit barulah angka kemenangan setiap pemain akan dijumlah. Dari seluruh peserta babak penyisihan akan dipilih 48 orang (sesuai HUT PDIP) peringkat teratas untuk maju ke babak final.   

Pendaftaran untuk mengikuti turnamen ini gratis. Panitia menyediakan  hadiah bagi para pemenang. Dengan total hadiah babak penyisihan Rp 6,4 juta untuk 48 peringkat teratas yang berhak maju ke babak final. Total hadiah babak final Rp 3 juta untuk 5 peringkat teratas. Jordan


Berikut Jadwal pertandingan:
Platform: Lichess.Org.
Babak Penyisihan: Minggu, 6 Juni 2021 Start Pukul 14.00 WIB. Catur Kilat 5 menit. Sistem Arena 120 menit – No Berserk, No Arena Streaks.
Babak Final: Minggu, 6 Juni 2021 Start Pukul 21.00 WIB. Sistem pertandingan Catur Kilat 5 menit. Sistem Swiss 8 Babak.

Silakan bergabung dengan Tim Bulan Bung Karno & HUT PDIP Ke-48/2021 pada link berikut:  https://lichess.org/team/bulan-bung-karno--hut-pdip-ke-48-2021. Sesudah bergabung dengan tim, berikut link Turnamen Bulan Bung Karno & HUT PDIP Ke-48/2021 Babak Penyisihan: https://lichess.org/tournament/eLaK0KsT.


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...