Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

GM Novendra Priasmoro Juara Turnamen Catur Cepat Japfa Christmas Cup 2022

Minggu, 18 Desember 2022

Share this history on :

Pecatur muda yang menyandang Grand Master (GM) ke-8 Indonesia Novendra Priasmoro berhasil menjuarai Turnamen Catur Cepat Japfa Christmas Cup 2022 yang berlangsung di Wisma Kemenpora Senayan Jakarta, Minggu (18/12/2022). 

Dengan menorehkan nilai nyaris sempurna 8,5 poin (8 kali menang, 1 kali remis) dari 9 babak yang dipertandingkan Novendra Priasmoro tampil menjadi yang terbaik di Nomor Terbuka. 

Novendra Priasmoro memastikan diri jadi juara usai bermain remis lawan rekannya dari DKI Jakarta, Master Internasional (MI) Azarya Jodi Setiyaki pada babak 9 atau terakhir.

Peringkat kedua dan ketiga ditempati Azarya Jodi Setiyaki dan Master Nasional (MN) Ricky Rismanto (Jawa Barat) yang sama-sama mengoleksi 7,5 poin. 

Azarya Jodi Setiyaki unggul Buchholz (BH) atas Ricky Rismanto dengan 55 berbanding 54,5.

Turnamen Catur Cepat Japfa Christmas  Cup 2022 yang mempertandingkan catur cepat 10 menit resmi ditutup oleh Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto. 

Utut mengaku senang karena penyelenggaraan Turnamen Catur Cepat Japfa Christmas Cup 2022 berlangsung lancar dan sukses. Apalagi event ini disambut antusiasi oleh para pecatur. Terbukti ada 373 pecatur dari 21 provinsi yang meramaikan event spesial ini. 

Namun menurut Utut Adianto penyelenggaraan pertandingan catur cepat yang kini marak di Tanah Air belum memberikan kemajuan seperti yang diharapkan. Karena itu, PB Percasi ke depan akan menggelar lebih banyak kejuaraan atau turnamen catur klasik.

"Tidak kita pungkiri ada kemajuan prestasi catur Indonesia di nomor catur cepat. Dari beberapa SEA Games terakhir, para atlet kita sukses merebut emas dari nomor catur kilat dan catur cepat. Tetapi di nomor catur klasik kita tertinggal," tutur Utut Adianto yang juga Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan.  

"Karena itu untuk menggembleng sisi keilmuan para pecatur kita, ke depan PB Percasi akan lebih banyak menggelar kejuaraan catur klasik," imbuhnya.

Secara khusus Utut memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang telah mendukung pembinaan catur di Indonesia selama 23 tahun. 

"Semoga tahun depan turnamen catur cepat Japfa Christmas Cup dapat diselenggarakan lagi," pungkasnya.

Selain mempertandingkan Nomor Open atau Terbuka yang diramaikan para pecatur terbaik Indonesia, Turnamen Catur Cepat Japfa Christmas Cup 2022 juga mempertandingkan dua nomor kelompok umur putra-putri yakni U-12 dan U-16.

Di nomor kelompok U-12 Putra, tampil menjadi juara MN As Thirof (Jawa Timur) dengan 6 poin disusul Steven Tan (DKI Jakarta) 6 poin di peringkat dua dan Fatih Winartha (Jawa Barat) 5,5 poin di peringkat ketiga.

Sementara di nomor kelompok umur U-12 Putri, Kenya Kesuma Dewi (Jawa Timur) menjadi kampiun dengan 6 poin, diikuti  Nadira (Jawa Barat) 5 poin di peringkat kedua dan Fatonah Almugniasari (DKI Jakarta) 5 poin di peringkat ketiga.

Berikutnya di nomor kelompok umur U-16 Putra,  Stevanky (Jawa Barat) menjadi juara dengan 6,5 poin disusul Reynard Kristopher (Banten) 6 poin di peringkat kedua dan Daniel Fortino (Jawa Timur) 5,5 poin di peringkat ketiga. 

Kemudian di nomor kelompok umur U-16 Putri, Adeeba Izzah (Jawa Timur) memastikan diri menjadi juara dengan  6 poin, diikuti Salwa Nadia Maharani (Jawa Timur) 5,5 poin di peringkat kedua dan Putri Maulana Ramadhani (Kalimantan Timur) 5 poin di peringkat ketiga.

Para juara Turnamen Catur Cepat Christmas Cup 2022 mendapatkan thropy dan hadiah uang pembinaan. Jordan 
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...