Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kemenpora Harus Merangkul Operator Lain Di Luar Apsumsi

Jumat, 14 April 2023

Share this history on :

Polemik terjadi saat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menerima audiensi dari Asosiasi Pembina Sepak Bola Usia Muda Seluruh Indonesia (Apsumsi) di Kemenpora, Jakarta, lusa kemarin, Selasa (11/4)

Beberapa hal yang patut di luruskan adalah sangat menyayangkan Pak Mentri Dito harus turun jauh mengurusi Operator sepakbola usia muda, sedangkan tugas Pak Mentri jelang SEA Games di Kamboja dan tugas lain nya masih banyak PR yang harus diselesaikan, urusan ini mungkin cukup setingkat Asisten Deputi (Asdep) atau Deputi Kemenpora saja. Demikian ditegaskan Co Founder Garuda Anak Nusantara (GAN ) Ainul. 

Menurut Ainul, saat pertemuan dengan para operator Apsumsi beberapa waktu lalu. Bahwa pihaknya,  rasa terima kasih kepada Kemenpora yang sudah memberikan jalan kepada Apsumsi, tetapi Kemenpora juga dalam hal ini bisa memberikan kesempatan untuk Operator lain seperti Apsumsi juga meski ada beberapa operator tidak di bawah naungan Apsumsi langsung. "Dalam hal ini, Kemenpora harus Netral sebagai Instansi Negara, Apsumsi ini akan menambah polemik baru di kalangan penyelenggara event kejuaraan sepakbola anak Nasional, kita belum bisa menyepakati dan mau bergabung dengan Apsumsi, " ujar Penanggungjawab Sekolah Real Madrid Foundation itu pada wartawan, Kamis Malam (13/4) di Jakarta. 

Lebih lanjut ia mengatakan kita sebelumnya sangat dirangkul dan di ayomi untuk diarahkan dan diberikan Izin pelaksanaan oleh Kemenpora, memberikan peran Kemenpora dalam hal Instansi Negara merangkul semua penyelenggara dalam hal operator, tidak tebang pilih apa lagi kita sebagai Operator yang sudah berjalan selama 10 tahun lebih tidak pernah mengharapkan bantuan sedikit pun dana dari Kemenpora. 

Masih menurut Ainul bahwa dengan adanya Apsumsi ini menjadi peraturan baru di Kemenpora, setiap operator wajib menjadi anggota Apsumsi, baru di keluarkan Rekomendasi Kegiatan dari Kemenpora, ini yang akan menjadi Sempit dan sulit di Kemenpora kedepan dengan adanya Apsumsi. 

"Kemenpora harusnya lebih netral dan tidak ada kepentinggan dari organisasi itu, siapa pun bebas menjadi Operator asal di sesuaikan dengan Legalitas dan Persyaratan lengkap sebagai Operator, apalagi saya sudah menggelar lebih dari 10 tahun di Garuda Anak Nusantara, selama ini kita mudah mendapatkan izin dari kemenpora dan kini menjadi sulit, saya berharap peran Kemenpora kedepan sebatas  Monitoring dan Fasilitator saja," tegasnya lagi. 

"Apsumsi baru terbentuk tentu tidak mudah mengumpulkan para operator operator lain apa Kontribusi Apsumsi ke kita juga belum jelas, sedangkan kita menggelar event sudah berpuluh puluh tahun adanya, Apsumsi selain Organisasi baru juga sebagai Komunitas dan masih banyak Operator operator top lama belum paham dengan kinerja Apsumsi," tambah Ainul. 


Meski amanat dari bapak Presiden Joko Widodo bahwa beliau ingin adanya talent scouting usia dini,” kata Menpora Dito waktu itu, tentu Kemenpora dalam Negara agar di buat netral, tidak mengarah ke satu organisasi, "tutupnya Ainul Ridha yang mewakili Operator Lain Pada Wartawan, Kamis Malam. Jordan 
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...