Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

MI Yoseph Terbaik di Catur Japfa Ramadhan Cup 2023

Minggu, 09 April 2023

Share this history on :


Setelah melalui pertarungan sengit selama 9 babak, akhirnya Master Internasional Yoseph Theolifus Taher menjuarai pada Kategori Terbuka sekaligus membawa pulang hadiah utama sebesar 10 juta rupiah. Pada babak terakhir, Pecatur Kalimantan Tengah itu berhasil mengalahkan MN Arifa. Posisi runner-up diraih FM Arief Abdul Hafiz (Jawa Barat) sedangkan peringkat 3 ditempati Godwin Liem asal Jawa Tengah. Turnamen catur Japfa Ramadhan tahun 2023 akhirnya berakhir pada hari ini (9/4) di Wisma Kemenpora RI Jakarta. 

2 Grandmaster Internasional yang sejak awal memimpin akhirnya tidak dapat berbuat banyak. GM Novendra terpeleset pada babak ke 7 ketika dikalahkan FM Arief. Nasib sial juga dialami GM Cerdas Barus ketika pada babak ke-8 dikalahkan mantan juara Junior Asia, MI Suhendra.

Sementara itu di kelompok Junior usia 12 tahun, pecatur asal Jawa Barat, Fatih Winartha menduduki posisi puncak diikuti peringkat 2, Imanuel Martogi (DKI) dan peringkat 3, Gervasius Ludwig Setiawan (DKI). Pada kelompok usia 16 tahun, urutan juara diraih Agha Faiz Ramdhani (1), MN Claudio Lasama (2) dan Maximiliano Marrhuimawan (3).


Turnamen Catur JAPFA Ramadhan Cup 2023 yang diikuti hampir 400 peserta dari 21 provinsi  dengan total hadiah Rp.65 juta itu ditutup secara resmi oleh Ketua Umum PB Percasi, Utut Adianto, didampingi Deputi IV Kemenpora, Dr. Surono serta R.Artsanti Alif, Vice Preaident Head of Social Investment PT Japfa Comfeed.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto mengatakan catur merupakan satu-satunya cabang olahraga yang bisa dipertandingkan meski di bulan Ramadhan.

"Kami tetap konsisten untuk lebih banyak menggelar turnamen agar lebih banyak lagi melahirkan bibit bibit pecatur tangguh di tanah air,"kata Utut Adianto.

Lebih lanjut Utut jmengatakan, JAPFA Ramadhan Cup merupakan bagian dari pemanasan Babak Kualifikasi Kejuaraan Dunia Zona Asia di Jakarta pada 5-17 Mei.mendatang.

"Persaingan di Babak Kualifikasi Zona Asia memang berat, karena para pecatur kita akan bersaing dengan negara tangguh diantaranya, Vietnam dan Mongolia, serta dari negara Asean lainnya. " Namun  saya optimistis Indonesia mampu meloloskan wakilnya,"ujarnya. Jordan 



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...