Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Marciano Buka Secara Resmi Sepakbola Piala Bergilir KONI Pusat

Sabtu, 03 Juni 2023

Share this history on :

Ketum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman membuka secara resmi gelaran sepakbola usia dini memperebutkan Piala bergilir Ketum KONI Pusat di stadion Atang Soetrisna di Kompleks Kopassus, Cijantung, Jaktim, pada Sabtu (3/6/2023). 

Dalam sambutannya Marciano berharap dari ajang seperti ini akan lahir bibit andal calon pemain nasional,yang kelak akan masuk skuat timnas U-23. 

"Saya yakin dan percaya event seperti ini bakal melahirkan pesepakbola tangguh yang kelak akan membawa Timas Indonesia di ajang yang lebih tinggi yakni Olimpiade dan Piala Dunia," kata Marciano yang didampingi Wakil Ketum I KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Soewarno dan Kabid Binpres KONI Pusat Gugun Yudinar kepada awak media di sela sela pembukaan di event yang sudah memasuki tahun keempat itu 

Kalau timnas U-23 sudah mampu meraih medali emas di ajang SEA Games di Kamboja 2023 ini. Harapan saya, kata Marciano timnas lebih berprestasi lagi dijenjang  yang lebih tinggi lagi. Ya selevel Asian Games bahkan sekelas dunia. 

Namun tentunya, kata Marciano kita harus lebih aktif dan reaktif mencari bibit muda yang berpotensi. Tentu dengan memperbanyak kompetisi, seperti ajang Piala KONI ini 

"Saya sangat berterima kepada semua pihak yang turut ambil bagian di Piala KONI ini. Semoga langkah seperti ini bisa diikuti lembaga dan pihak lain. Agar kedepannya kita memiliki banyak bibit andal pesepakbola kita," tambahnya.


Pertandingan pada kompetisi juga dihadiri tim pemantau bakat agar talenta terbaik Indonesia akan terjaring dan tersaring untuk Timnas. “Kita harapkan anak-anak ini bisa terpantau bakatnya. Ada tim pemantau bakat yang bisa melihat potensi mereka karena saya yakin mereka ini andalan kita,” terang Marciano.

Ketum KONI Pusat mengapresiasi adanya kompetisi untuk atlet usia dini dan berharap akan terlaksana dengan baik di seluruh provinsi guna menjaring dan menyaring talenta bangsa.

“Saya harapkan di daerah, kejuaraan sepak bola usia dini juga akan berlangsung di 38 provinsi dan juga ke depan, di tingkat nasionalnya juga semakin tersaring juara-juara dari berbagai provinsi untuk ikut Tim Nasional. Dari situlah tim pemantau bakat PSSI bisa turun dan betul-betul menjaring pemain-pemain yang punya potensi besar,” terangnya.

“Kejuaraan-kejuaraan usia dini seperti ini mendapatkan dukungan besar dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, oleh karenanya sekali lagi saya minta para pembina olahraga sepak bola di tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi terus berupaya menggelar kompetisi-kompetisi untuk anak-anak,” sambung Ketum KONI Pusat.

Pada kesempatan yang sama Ketua Penyelenggara Taufik Panji Alam menyampaikan apresiasi berbagai pihak yang mendukung kompetisi sepak bola ini, diantaranya perwakilan tuan rumah yakni Inspektur Kopassus Brigadir Jenderal TNI Husein Sagaf yang hadir secara langsung.

“Kejuaraan ini merupakan kejuaraan nasional yang tiap tahun pasti digelar, banyak pemain yang keluar menjadi atlet Tim Nasional dari kejuaraan ini,” ujarnya merujuk beberapa jebolan tahun 2018 seperti Bagas Kaffa, Bagus Kahfi dan Supriyadi.

Taufik juga tak lupa mengucapkan terimakasih pada beberapa perusahaan swasta yang memberikan dukungan seperti Bank BJB, Kalbe Farma dan Asdp yang membatu kegiatan dengan lancar. Semoga kedepan bisa berjalan lebih baik lagi

Sebagai catatan, pada Piala Bergilir Ketum KONI Pusat III Tahun 2022, juara usia 10 tahun adalah SSB Imam Bonjol asal Sumatera Barat, juara usia 12 tahun adalah CS Private asal Depok, Jawa Barat, dan juara usia 14 tahun adalah Al Hilal Jakarta. Adapun 48 klub berpartisipasi dalam kompetisi tahun lalu. Jordan 

Sementara pertandingan perdana KU – 15 setelah dibuka Ketua Umum KONI Pusat menyajikan laga di Grup B, Atep 7 Cianjur vs Poetra Pakuan dengan skor 0-3. Partai Kedua Grup C, POPB DKI vs Ganendra Strya, Bogor 4-0.


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...