Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Gorontalo 10K Siap Digelar

Jumat, 10 Juni 2011

Share this history on :

PENGURUS Provinsi (Pengrov) PASI Gorontalo, menyambut positif lomba lari jalan raya Gorontalo 10K yang menurut rencana akan digelar pada bulan Oktober 2011 mendatang di Gorontalo. Lomba yang diselenggarakan atas kerjasama KONI Provinsi Gorontalo, Pengprov PASI Gorontalo dengan Tribunolahraga.com itu melibat pelari top nasional.

Ketua Pengprov PASI Gorontalo yang baru terpilih, Rustam Akili SH.MH, di Gorontalo menegaskan bahwa even ini akan memiliki nilai strategis bagi pembinaan dan pengembangan olahraga khususnya cabang atletik di Gorontalo. “Tentunya saya sebagai Ketua Pengrov PASI secara de facto sangat setuju 1000 persen atas penyelenggaraan Gorontalo 10K ini. Dan saya sangat berterima kasih banyak kepada PB PASI dan TribunOlahraga.com serta semua pihak yang memprakarsai even ini nanti”, ujar Rustam dengan bangga.

Rustam juga menambahkan, nantinya Gorontalo 10K akan menjadi kebanggaan tersendiri buat warga Gorontalo. Karena selain untuk memotivasi perkembangan atletik di Gorontalo, juga akan menjadi sarana untuk lebih memperkenalkan sosial budaya daerah Gorontalo. ”Karena gaungnya Gorontalo 10K bukan hanya untuk daerah Gorontalo itu sendiri tapi secara otomatis gaungnya akan membahana secara nasional bahkan Internasional,”papar Rustam.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Gorontalo ini lebih jauh mengatakan Gorontalo 10K ini merupakan anugerah buat masyarakat Gorontalo. Apa lagi dalam waktu dekat ini akan mempersiapkan atlet-atlet untuk kejurnas. Paling tidak seperti dikatakan Rustam, even ini secara tidak langsung akan membawa pengaruh positif pada mental para atlet.” Pada intinya Pengprov PASI Gorontalo siap meraih kesempatan untuk even Gorontalo 10K. apa lagi melihat Gorontalo akhir-akhir ini selalu bikin kejutan. Untuk itu, Pengprov akan segera mempersiapkan diri setelah menerima pemberitahuan secara resmi dari pihak penyelenggara,”tandasnya.

“Pada intinya kami siap, tinggal menunggu surat dari penyelenggara dan secepatnya akan kami balas. Dan tentunya rencana ini akan saya bicarakan langsung ke KONI Propinsi dan Pemerintah Daerah. Siapa tahu, rekor nasional bisa pecah di Gorontalo. Even ini juga bisa menjadi momen pemersatu warga Gorontalo karena mengingat tidak lama lagi akan di gelar Pilkada (Gorontalo 1)”, ujar Rustam.

Sementara itu Ketua Umum PB.PASI, Bob Hassan juga menyambut baik Gorontalo 10K ini. Ia menilai kehadiran Gorontalo 10K semakin menambah jumlah even lomba lari jalan raya 10K di tanah air. Meski masih level nasional, Gorontalo 10K juga diharapkan mampu melahirkan calon atlet handal yang nantinya menjadi ujung tombak tim Indonesia di ajang internasional. ”Jika penyelenggaraan pertama ini sukses Gorontalo 10K bisa masuk kalender resmi tahunan PB.PASI.Dan saya juga berharap Gorontalo 10K ini bisa go internasional seperti Jakarta 10K, Bali 10K dan Batam 10K,”tantang Bob yang pada era orde baru dikenal sebagai pengusaha papan atas Indonesia itu.

Sumartoyo selaku Ketua Bidang Perlombaan PB.PASI menambahkan, penyelenggaraan pertama sebagai tes case atau menjadi batu loncatan menuju go internasional. Persyaratan untuk bisa go internasional, harus memenuhi sejumlah persyaratan teknis lomba dan pelayanan akomodasi standar internasional. ”Dan minimal dua kali melaksanakan tingkat nasional, setelah itu PB.PASI mengusulkan kepada Federasi Atletik Internasional (IAAF) untuk diterima menjadi kalender resmi mereka. Jadi akan lahir lagi lomba lari jalan raya 10K yang baru di Indonesia, (Gorontalo 10K Internasional),”kata Sumartoyo.

Kalau Gorontalo 10K ini sudah masuk kalender resmi IAAF maka organisasi atletik tertinggi di dunia itu akan menyebarkan ke seluruh asosiasi atletik seluruh dunia. Dan profil daerah Gorontalo akan diakses langsung oleh media promosi dan marketing IAAF dengan menggunakan jaringan internet. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...