Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Andra Target 5 Besar di Seri III Filota

Sabtu, 30 Juli 2011

Share this history on :

PEMBALAP putri Indonesia Alexandra Asmasoebrata, yang akrab disapa Andra kini bersiap untuk tampil kembali di seri III Formula Pilota China. Putri dari mantan pembalap Alex Asmasoebrata ini akan berupaya tampil lebih baik pada Kejuaraan Formula Pilota China Seri selanjutnya yang akan berlangsung di Shanghai International Circuit China, pada Agustus mendatang. Sebelumnya pada Seri I di Guangdong, China, Andra harus puas menempati urutan ke-12 dari 15 peserta yang berasal dari lima tim.

Demikian juga pada Seri II yang berlangsung di Shanghai pada 22-24 Juli lalu, Andra hanya finis diposisi ke-14 dan 15. Dua seri awal di Filota hasilnya memang jauh dari harapan alias jeblok. "Dua seri awal memang hasilnya sangat mengecewakan. Saya akan berupaya tampil lebih baik lagi karena sudah mendapat pengalaman berharga pada Seri I dan II. Bukan hanya saya, peserta lainnya banyak yang belum memahami kendaraan yang harus dipakai dan para juaranya justru kebanyakan dari Eropa yang sudah berpengalaman di Formula Abart," ujar Andra kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut ia menyatakan, pada seri I yang berlangsung 1-3 Juli lalu, ia belum menguasai mobil formula Pilota yang dikendarainya sehingga seri I tersebut dianggap sebagai perkenalan Andra dengan Formula Pilota yang buatan Fiat/Ferrari berbody carbon fibre dan didukung FPT Racing 1.4 Fire Turbo Engnine dengan kecepatan 180 horse power (HP). "Di seri I semua setingan mobilnya baru, bahkan joknya pun baru dan kockpitnya lebih kecil. Banyak waktu yang terbuang untuk penyesuaian (adjustment)," paparnya. Demikian juga seri II Andra kelihatannya masih perlu jam terbang dan latihan yang cukup untuk tetap dapat menguasai setting mobil yang ditungganginya itu.

Pada Seri I dan II hamper keseluruhan peserta adalah berasal dari Eropa yang mendominasi peringkat atas dan sisanya adalah delapan pebalap dari Asia. "Dalam lomba Formula Pilota saya masih menerapkan teori-teori yang dipakai di Formula Renault. Di Shanghai nanti saya akan berupaya untuk masuk lima besar karena tak mungkin untuk menyaingi peserta yang dari Eropa," ujarnya. Andra berjanji pada Seri III akan lebih fokus lagi. “Saya kira dua seri awal adalah pelajaran yang sangat berarti bagi saya. Waktu luang yang tersisa akan saya manfaatkan untuk latihan. Guna adaptasi lagi bagi kendaraan yang baru itu. Sebab target di Seri III saya harus finis diurutan kelima,” janji Andra. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...