Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Pecatur SEA Games Ujicoba Ke Swiss

Rabu, 06 Juli 2011

Share this history on :

PENGURUS Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) akan mengirimkan 16 pecatur yang dipersiapkan untuk SEA Games XXVI melakukan ujicoba ke Swiss mengikuti “Chess Festival Bil International” 14-30 Juli mendatang. Manajer tim catur Indonesia, Ricardo, di Jakarta, Selasa (5/7/2011) mengatakan keikutsertaan delapan pecatur putra dan delapan putri ini sebagai ajang pemantapan menjelang tampil di SEA Games yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 11-22 November mendatang.

Menurutnya para pecatur iniakan mengikuti nomor-nomor spesialisasi yakni nomor standard, catur cepat (blitz) dan catur klasik yang merupakan nomor-nomor yang akan dipertandingkan di SEA Games XXVI mendatang. Dijelaskan Ricardo alasan mengirimkan mereka ke Swiss, karean di turnamen ini karena nomor yang akan dipertandingkan di SEA Games juga dipertandingkan di Bil International Swiss tersebut.

Adapun kedelapan pecatur putra yang akan dikirimkan adalah Susanto Megaranto, Tirta Chandra, Cerdas Barus, Dae Lin, Taufik Halay, Anjas, Kasmiran, dan Hamdani. Sedangkan pecatur putri diantaranya Irene Sukandar, Evi Lindawati, Kadek Iin Dwijayanti, Medina Warda Aulia, Chelsie Monica Sihite, Fitra Andika.

Mengenai target pencapaian, ia menyebut semuanya akan dilihat pada kemampuan atlet dan juga peta kekuatan lawan karena festival ini diikuti oleh puluhan tim dari banyak negara. “Kejuaraan di Swiss ini diikuti banyak tim dari Eropa, Asia, dan Asia Tenggara. Asal bisa masuk tiga besar saja sudah cukup bagus sebagai target dan gambaran kekuatan pecatur kita. Yang penting mereka harus fokus dan konsentrasi,” ujarnya.

Dikatakannya, pada SEA Games mendatang cabang catur akan mempertandingkan sembilan nomor terdiri atas standard putra-putri, blitz putra-putri, blind putra-putri, rapid putra-putri serta nomor baru Asia Chess yang diprakarsai oleh Laos. Sementara itu Kabid Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem mengatakan bahwa tim catur Indonesia ditargetkan merebut dua medali emas pada SEA Games 2011 sesuai dengan target yang dicanangkan Satlak Prima. Jordan

>
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...