Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

BPGBK Renovasi Stadion Utama

Kamis, 04 Agustus 2011

Share this history on :

BADAN Pengelola Gelora Bung Karno (BPGBK) mulai berbenah untuk menyiapkan diri menjadi penyelenggaran SEA Games 2011. Salah satunya adalah melakukan renovasi rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Renovasi rumput sebenarnya adalah program yang telah lama dirancang. Program itu mengalami beberapa kali penundaan karena berbenturan adanya beberapa event penting seperti Piala AFF 2010 lalu.

Direktur Pengembangan dan Pengelolaan BPGBK Mahfudin Nigara di Jakarta, Rabu (3/8) menjelaskan, bahwa program renovasi lapangan itu sudah direncanakan sejak awal 2010 dan merupakan salah satu program kerja BPGBK tahun ini. Jadi tidak benar, bila ada pihak yang mengatakan, bahwa renovasi itu dilakukan sebagai upaya untuk menghambat persiapan Tim Nasional (Timnas) sepakbola Indonesia.

“Tidak benar pembongkaran rumput ini dilakukan secara tiba-tiba. Ini sudah diprogram sejak lama sebagai persiapan kami sebagai penyelenggara SEA Games. Toh, proses renovasi ini juga tidak akan mengganggu program Timnas. Bahkan rumput stadion ini sudah bisa digunakan untuk laga Legenda AC Milan melawan Indonesia Oldstar, 4 September mendatang,” papar Nigara.

Nigara mengaku baru kemarin sore menerima jadwal pertandingan resmi Timnas Indonesia dari Sekjen PSSI Tri Goestoro. Dari daftar itu, jelas tidak ada benturan yang benturan dengan jadwal resmi Timnas. “Kalau untuk laga uji coba, saya tidak tahu. Yang pasti saya baru kemarin sore menerima jadwal resmi Timnas dari Sekjen PSSI. Yang pasti, kami pasti mendukung kiprah Timnas Indonesia di SUGBK,” tukasnya.

Sebenarnya, lanjut Nigara, BPGBK akan melakukan overhaul. Tetapi karena keterbatasan dana dan waktu, rencana itu diubah menjadi renovasi. Apalagi, rumput matrela yang selama ini dipakai sudah 13 tahun tidak digunakan sehingga sudah banyak campur dengan rumput tekik, embun, dan gajah mini.

“Kondisi lapangan itu memang sudah banyak yang rusak sehingga renovasi rumput tidak mungkin ditunda lagi. Bahkan akan final AFF Suzuki Cup 2010 lalu, kita seharusnya sudah tidak boleh menggelar laga di SUGBK karena kondisi lapangan sudah buruk khususnya tanah di penjuru utara dan selatan. Beruntung saat itu kami bisa meyakinkan orang AFF, sehingga final tetap digelar di SUGBK,” imbuh Nigara.

Setelah AFF Suzuki Cup itulah, pihak BPGBK langsung melakukan langkah persiapan. Sejak Januari 2010, Lapangan F GBK dan sebagian di Golf Driving Range dibuka dan pada Maret lalu, rumput matrella disemai. Saat ini, sekitar 4500m2 rumput itu telah siap dipindahkan.

“Karena ini bukan overhaul, maka kami melakukan renovasi ini juga tidak mengganti secara total. Kami melakukannya dalam tiga module dengan masing-masing module seluas 3,6 meter X 78 meter. Mulai Kamis (4/8), kita tutup module pertama dan selanjutnya pengerjaan renovasi ini paling telat selesai 10 Agustus mendatang, sehingga ada waktu pematangan dari 11 Agustus sampai 3 September. Dengan demikian, tanggal 4 September bisa dipakai untuk laga legenda AC Milan, dan setelah itu Insya Allah ke depannya tidak ada masalah,” urai Nigara.

Nigara menegaskan langkah ini murni untuk perbaikan bukan karena alasan macam-macam. Ia mengaku mendengar adanya suara-suara miring terkait renovasi rumput stadion yang mengatakan bahwa revonasi itu sengaja dilakukan untuk menggangu persiapan Timnas Indonesia.

“Soal itu tidak benar, langkah ini sebagai bukti bahwa kita mendukung SEA Games 2011 dan juga mendukung PSSI dalam menggelar laga kandang PPD. Itu artinya upaya ini adalah untuk mendukung bangsa dan negara ini. Daripada nanti saat diperiksa panitia SEA Games, terus rumput stadion dinilai tidak layak, lebih baik kami membuat langkah persiapan sejak sekarang. Jadi ini persiapan menuju SEA Games dan juga laga kandang PPD,” tukas Nigara. Tidak hanya rumput, pihak BPGBK juga akan mengganti tempat duduk di VIP Timur dengan 800 kursi single seater dan juga speaker yang berada di sekeliling stadion, serta scoring board. Untuk perbaikan ini diharapkan pertengahan bulan Oktober sudah selesai. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...