Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Cerdas Barus Juara Ramadhan Cup III

Minggu, 21 Agustus 2011

Share this history on :

CERDAS Barus juara turnamen catur cepat So Nice Ramadhan Cup III di Wisma Karsa Pemuda Senayan, Jakarta, Minggu (21/8).

Grand Master yang mengusung Jawa Timur itu mengumpulkan 8 poin dari 9 babak yang dimainkan. Pecatur kawakan berusia 51 itu mengungguli FM Irawan Sadikin (DKI), IM Tirto (Kaltim) dan IM Salor Sitanggang (Jatim) yang ketiganya juga mengemas 8 poin. Tapi, Cerdas Barus unggul "solkov" (perhitungan poin pertemuan, ranking) di banding tiga pesaingnya.

"Ini menunjukkan bahwa pecatur tua masih mampu menunjukkan kekuatannya," kata Wakil Ketua PB Percasi GM Utut Adianto pada penutupan turnamen catur cepat dua hari itu di Jakarta itu.

"Selain itu, dengan kemenangan Cerdas Barus sekaligus menunjukkan bahwa para pecatur muda belum mampu berkembang dengan baik" tambah Utut.

Tapi, Utut mengakui kuantitas pecatur muda terus tumbuh. Terbukti dari 300 peserta yang ikut berpartisipasi, mayoritas didominasi oleh pecatur muda. "Kuantitasnya sudah bagus, tapi kualitasnya perlu dipoles. Dan, ini tugas PB Percasi," tuturnya.

Menurutnya mencetak pecatur andal tidaklah muda. Butuh waktu sekitar 3 tahun. "Meningkatkan kualitas pecatur muda tidak instan. Tak bisa setahun dua tahun, karena ini menciptakan orang menjadi pintar."

Atas hasil kemenangannya itu, Cerdas Barus yang sudah sangat memiliki jam terbang tinggi di banding para lawannya di Ramadhan Cup ini, mengantongi hadiah utama Rp 5 juta dari Rp 38 juta total hadiah yang diperebutkan. PG/Ary

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...