Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Dua Pelatnas Bermarkas di Manahan

Rabu, 17 Agustus 2011

Share this history on :

DUA pemusatan latihan nasional (pelatnas) digelar di Stadion Manahan Solo. Pelatnas atletik untuk pesta olahraga difabel Asean Para Games (APG) 2011 telah menjalani training center (TC) di kompleks stadion termegah itu sejak awal Mei silam.

Pelatnas berawak 85 atlet tersebut, biasanya berlatih untuk menempa performa pada pagi dan sore hari. Pelatnas lain yakni TC Timnas PSSI besutan pelatih Wim Rijsbergen yang memulai mengasah diri di lapangan hijau Stadion Manahan sejak Jumat (12/8) lalu.

Lokasi penggunaan lapangan memang berbeda. Firman Utina dkk berlatih di lapangan rumput, sedangkan pelatnas atletik APG di sentle ban yang melingkari lapangan bola.

"Tak masalah, berlatih bersama. Toh tempatnya berbeda, kendati berhimpitan. Tapi karena hari-hari ini bersamaan dengan tes-tes untuk promosi-degradasi, maka uji performa atlet kami alihkan pada pagi hari semua. Sebab kalau sore hari terlalu ramai," kata Abdul Aziz, pelatih balap kursi roda yang merupakan salah satu cabang atletik dalam APG, Rabu (17/8).

Tes perkembangan performa para atlet difabel tersebut dilakukan sejak Sabtu (13/8) lalu. Menurutnya, tes untuk nomor-nomor lari dan balap kursi roda menggunakan lintasan atletik. Sedangkan latihan untuk nomor tolak peluru, lempar lembing dan lempar cakram, diselenggarakan di lokasi terpisah.

"Tes tersebut sangat penting, karena menyangkut keberadaan masing-masing atlet. Dari 85 atlet atletik, saat promosi degradasi diumumkan pada 25 Agustus nanti bakal ada penyusutan hingga tinggal sekitar 69-70 orang," ungkap Aziz.

Jumlah tersebut sesuai kuota dalam persiapan menghadapi APG yang akan dipusatkan di Solo, 12-22 Desember mendatang. Total atlet pelatnas dari 11 cabang olahraga yang akan bertarung pada multievent tersebut sebanyak 250 atlet.

Sementara pelatnas tim senior PSSI diproyeksikan untuk menghadapi babak penyisihan Grup E Zona Asia dalam Pra Piala Dunia 2014. Selama berlatih di Kota Bengawan, Timnas PSSI akan menjalani dua laga uji coba, yakni melawan Timnas U-23, Kamis (18/8) dan menghadapi Timnas Palestina, Senin (22/8). Tulus
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...